Everyday Is A Miracle

Be happy and enjoy every single bite of it

Iga Panggang

Leave a comment

Kalo ini sih kerjaan nyokap gua nih, entah angin apa yang membuat dia bisa-bisanya masak ini (seumur-umur dia masak tuh gak pernah alias baru sekali ini). Jadi karena dia denger dari temennya katanya iga nih bisa dimasak dengan cara dipanggang dan jadinya enak (baru tau mam……???), jadilah dia beli tuh iga babi di pasar trus dimasak. Sebetulnya sih yang pasaran dipanggang tuh iga sapi ya, cuma berhubung di sini mahal ya jadilah si babi ini aja yang jadi korban.

Terus gua ngapain dong, masa gak ada kontribusinya? Selama ini gua gak pernah masukin resep yang gua sendiri gak pernah nyoba masak, even itu masakan nyokap gua sekalipun. Soalnya gua bingung nulis resepnya gimana kalau gak pernah cemplang cemplung sendiri. Apalagi nyokap gua kalau masak kan ilmu kira-kiranya udah tingkat dewa alias lebih tinggi levelnya dari gua, makanya gimana gua bisa tulis takaran yang pas dong di sini.ย Tapi gua merasa kontribusi gua di sini cukup besar dan rasanya juga enak, jadilah gua berani menuliskan resep ini di sini.

Jadi kontribusi gua yang utama adalah…..menyelamatkan nih si iga sehingga dia gak jadi iga tumis! Beneran lho, nyokap gua gak pernah tuh seumur-umur makan iga panggang di restoran (biasalah kurang mau nyoba something new gitu yang rasanya gak kebayang jelas….), jadi dia juga kurang ada bayangan gimana penampakan si iga setelah mateng. Dan berdasar informasi sekelebat dari temennya, mulailah percobaan kira-kira ini. Jadi gua baru tau kalau iga versi nyokap gua tuh pakai segala macam kecap, mulai saus tiram, angciu, fish sauce, kecap asin, kecap inggris, nah kebayang gak tuh rasanya kayak apa….gak tau dapet wangsit dari mana.

Cuma karena surprisingly semua yang makan bilang enak (kecuali anak gua karena dengan teganya iga yang cuma 6 potong itu kita abisin sendiri, hehehe……itupun masih kurang), jadi gua merasa nih ilmu kira-kira berhasil juga. Jadi sama nyokap gua iganya ditumis aja gitu pake semua kecap itu sambil kasih air sedikit.

Gua yang agak curiga sama penampakan iga yang polos-polos aja langsung googling di internet untuk mencari tahu nih kayaknya ada yang salah deh. Oh, oke deh…..mestinya direbus sama bawang putih tumbuk dandilumurin kecap sama tmbukan bawang bombay biar coklat pas dipanggang. Langsung deh sebelum terlambat gua kasih tau nyokap gua suruh tambahin ini itu….untung doi nurut yah…..

Tadinya nyokap keukeh gak usah dipanggang langsung dimakan gitu aja, cuma gua bilang yang namanya iga panggang ya kudu dipanggang dong, biar enak karena ada gosong2nya itu. Ya udah, akhirnya karena porsi makan paling banyak bukan nyokap gua, gua panggang iga itu pake mentega sambil dibalur sama bumbunya. Habis itu tinggal cocol sambel dan lalapn. Enak tentunya……

Nah, ini adalah iga panggang kolaborasi gua sama nyokap tercinta

Bahan:

1. 6 potong (ukuran kecil kebetulan pakainya) iga babi (bisa diganti sapi)

2. Bawang putih tumbuk 3 siung

3. Air secukupnya (untuk mengempukkan iga)

4. Mentega

Bumbu:

1. Satu sendok teh saos tiram

2. Satu sendok teh kecap Inggris

3. Satu sendok teh kecap asin

4. Satu sendok teh angciu dan kecap ikan

5. Dua sendok teh kecap manis

Cara membuat:

1. Masukkan minyak sedikit saja, tumis bawang putih tumbuk sampai harum

2. Masukkan iga, aduk-aduk sebentar

3. Masukkan semua bumbu

4. Masak sampai iga empuk, tambahkan air bila perlu

5. Matikan kompor dan biarkan sampai agak dingin supaya bumbu meresap

6. Lelehkan mentega di tempat memanggang (pakai teflon juga bisa)

7. Panggang iga dengan api kecil sambil sesekali diolesi bumbu sisa memasak iga tadi

8. Panggang sampai agak gosong, angkat, taburi dengan bawang goreng

Untuk resep sambelnya, berhubung kali ini pakai sambel sisa di kulkas, jadinya gak diposting. Sebetulnya pakai sambel apa aja enak kok, bisa sambal tomat, terasi, bahkan sambel bandeng sekalipun. Gua masih punya stock sambel bandeng di kulkas, jadinya pakai itu aja.

Rasanya beneran enak, soalnya langsung habis sekali makan. Nah, memang kebetulan lagi pengen makan iga penyetnya Chicken Story, jadi pas deh. Oya, menurut gua and temen gua, di Chicken Story ini sambel penyetnya lebih enak lho dari Lekko or Tekko itu. Kalau minta nambah pun mereka ngasih dengan porsi banyak, yang malah biasanya gak kita abisin saking pedesnya. Tambah sambel free kok di sini.

Penampakan iga panggang plus bawang goreng, sambal, dan lalapan. Cuma satu yang kurang, daun kemangi favorit gua……

Author: cruiseoflife

Hi there. I'm from Indonesia but now live quite far away from my home country. I love cooking for my family. I learned how to cook for the first time from my mom and I believe that mom's cooking is always the best, and I do hope that my son will feel the same too even though he grows up so fast. I love Indonesian food as I grew up with it, and I promise to myself that my son, although he doesn't live in Indonesia right now, will always like and enjoy authentic Indonesian food. I make this blog so that my family will always remember our togetherness and happy time that we had, are having, and will have when we eat together and have good memories about a mother's love through her dishes. Hopefully these recipes will help other people to make healthy home cooked dishes for their families.

Leave a Reply

