Everyday Is A Miracle

Be happy and enjoy every single bite of it

Bitterballen

Leave a comment

Rafael tuh paling suka snack-snack yang gurih, kayak pastel, kroket, risoles, sous ragout, bitterballen, lumpia, dan macam-macam snack gurih lainnya. Kalau yang manis kayak bolu, tart, bika ambon atau yang sejenisnya dia kurang suka dan malah gak mau sama sekali. Yang masih bisa diterima itu kalau manisnya dari vanilla atau strwaberry (kalau ini jenis tertentu aja). Semua yang berasa coklat ditolak mentah-mentah sama dia, termasuk es krim coklat, kue coklat, bolu coklat, permen coklat, coklat batangan, dan sebagainya.

Jadi kalau beliin atau bikinin snack buat dia tuh pilihannya harus yang gurih atau asin. Nah, karena melihat stock breadcrumb di kulkas masih banyak, makanya pengen diberdayakan buat bikin apa gitu. Tadinya mau bikin kroket ragout, tapi males ngupas kentang, hehehe….akhirnya dibuat bitterballen aja deh.

Sebetulnya dulu pernah bikin tapi si bocah kurang doyan karena kebanyakan terigunya dan kurang dagingnya. Nah, makanya ini mau coba lagi dengan memperbaiki komposisi bahannya dan ditambah kejunya. Lagian dulu buatnya pakai breadcrumb yang beli jadi rasanya juga kurang enak, kalau sekarang pakai breadcrumb homemade jadi tepungnya pasti enak. Oya, kalau breadcrumb buat sendiri tuh walaupun disimpan di kulkas lama tapi masih bagus, beda aja rasanya sama kalau beli.

Bitterballen ini katanya bola-bola snack asal Belanda yang kalau gua inget jaman masih kerja kalau ada training suka dikasih snack ini. Tapi mahal dan buletannya itu kuecil banget, sekali hap habis deh. Padahal gua doyan banget ini, apalagi dicocol sambel botol terus dimakan sama cabe rawit. Jadi kalaupun si bocah gak doyan, mamanya aja yang ngabisin………kapan kurus???

Untunglah resep ini lumayan berhasil dan enak, si bocah doyan. Oya berhubung gak punya timbangan, akhirnya gak pakai takaran gram deh. Cuma rasanya agak asin sedikit karena gua lupa, bahwa tar mesti ditambahin mentega sama keju lagi waktu proses pengentalannya.

Bahan isi:

1. Daging ayam tanpa tulang, kira-kira kalau gua beli di pasar itu satu dada ayam dibagi 2, potong kecil-kecil atau cincang kasar

2. 1 buah wortel (di sini gua pakai yang ukuran kecil), parut halus

Bahan wortel parut dan daging ayam (di sini udah dimasak setengah matang dahulu)

3. Daun bawang

4. Bawang bombay 1/2 siung, cincang halus

5. Gula, garam, pala

6. 300 ml susu cair plain

7. 3 sendok makan tepung terigu

8. Keju cheddar/mozzarella sesuai selera. Karena gak punya gua pakai 2 keju slice Kraft potong kotak ukuran kecil-kecil

9. Mentega 1 sendok makan

10. Kocokan telur

11. Breadcrumb (panggang roti tawar sampai garing, blender halus)

Cara membuat bahan isi:

1. Tumis bawang bombay dengan mentega/minyak hingga harum dan agak layu

2. Masukkan daging ayam, masak sampai berubah menjadi putih

3. Masukkan wortel

4. Masukkan bumbu-bumbu: garam, gula, pala

5. Tambahkan sedikit air jika daging ayam kurang empuk, masak sampai air habis

6. Tambahkan daun bawang, aduk sebentar, matikan kompor

7. Pisahkan adonan ini di piring

Membuat ragout:

1. Tumis mentega dengan api kecil

2. Masukkan tepung terigu sambil diaduk cepat

3. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit, aduk-aduk

4. Masukkan bahan isi yang sudah matang, tambahkan keju

5. Masak dengan api sedang sampai mengental dan air habis

6. Pindahkan ke mangkuk, dinginkan

7. Setelah dingin, masukkan ke freezer kira-kira 5 menit supaya lebih mudah dibentuk

Adonan ragout

Membuat bitterballen

1. Pulungi adonan menjadi bulat-bulat, ukuran disesuaikan dengan selera

Adonan yang sudah dipulungi

2. Masukkan ke lemari es kira-kira 30 menit sampai 1 jam supaya mengeras dan tidak hancur waktu digulung di tepung roti

3. Gulingkan di breadcrumb semua adonan (memberi waktu supaya tepung menempel sebelum dimasukkan ke kocokan telur)

4. Masukkan ke kocokan telur, langsung gulingkan di breadcrumb lagi

Dimasukkan ke dalam kotak, ditutup, dan dimasukkan ke dalam freezer apabila tidak langsung digoreng

5. Masukkan lemari es sekitar 2 jam supaya tepung menempel sempurna dan tidak rontok waktu digoreng

6. Goreng dalam minyak panas sampai kecoklatan (gua biasa dengan api kecil supaya gak gosong tapi belum garing dalamnya)

7. Simpan di freezer sisa adonan yang belum digoreng, keluarkan sampai tidak beku baru digoreng

Jatah makan si bocah, 5 bulatan besar

Bitterballen yang sudah matang

Rasanya? Menurut anak gua sih enak….sekali makan habis 5 buletan yang paling besar di bawah ini.

Kalau gua? enak sih, tapi gak bisa makan banyak-banyak, soalnya berhubung gua gak doyan keju jadinya blenek, mesti dicocol sambel yang banyak buat menetralisir si keju. Gua lebih suka versi non keju, tapi nih anak lebih lahap makannya kalau ada rasa keju-kejunya, jadi ya ngalah aja deh……plus si papanya yang gak doyan kroket ternyata doyan versi yang ini…..dimakannya pake nasi lagi….

Snack tengah malam plus segelas Milo…..

Author: cruiseoflife

Hi there. I'm from Indonesia but now live quite far away from my home country. I love cooking for my family. I learned how to cook for the first time from my mom and I believe that mom's cooking is always the best, and I do hope that my son will feel the same too even though he grows up so fast. I love Indonesian food as I grew up with it, and I promise to myself that my son, although he doesn't live in Indonesia right now, will always like and enjoy authentic Indonesian food. I make this blog so that my family will always remember our togetherness and happy time that we had, are having, and will have when we eat together and have good memories about a mother's love through her dishes. Hopefully these recipes will help other people to make healthy home cooked dishes for their families.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s