Everyday Is A Miracle

Be happy and enjoy every single bite of it

Nasi Goreng Teri Asin

Leave a comment

Ini salah satu makanan kesukaan gua kalau lagi gak tau mau masak apa. Perpaduan rasa pedas, asin, gurih, ditambah lalapan yang sueger bikin nafsu makan bisa meningkat. Ditambah lagi cara buatnya juga gampang banget. Tentu saja ini gua makan sendirian dong, yang doyan sambel di rumah kan cuma gua doang. Selain teri, tentu saja kesukaan gua adalah ikan asin dan cumi asin. Cuma kalau mau dibuat nasi goreng ya paling enak ikan asin jambal atau teri asin ini. Berhubung harga teri lebih murah dari jambal asin, ya gua stock teri aja di kulkas.

Teri ini juga salah satu makanan favorit Rafel, dimakan sama nasi panas aja udah mau lho dia. Cuma sekarang nih anak lagi bosen makan teri katanya, ya udah jatah terinya Rafel jadinya mamanya aja yang makan.

Jadi ceritanya malem-malem pas udah pada makan semua (waktu itu Rafel lagi abis sembuh dari sakit), gua bingung nih mau makan apaan. Ada makanannya Rafel yang berkuah gitu gua lagi gak selera (gua emang kurang suka makanan berkuah kecuali bakso dan soto dengan catatan harus pakai sambel banyak). Ya udah, pas ngeliat ada stock nasi di magic jar dan teri di kulkas, akhirnya masak ini deh malem-malem. Tapi ini emang gua belum makan malem kok, jadinya gak papa. Lain cerita kalau udah makan malem terus laper lagi, ya….bisa bikin gendut itu sih. Buatnya tentu aja super duper gampang, gua kan emang spesialis masakan gampang, kalau susah udah males duluan bayangin nyuci perabotannya, hahaha…….

Bahan:

1. Teri asin kecil (goreng dengan api kecil dan sedikit minyak sampai garing dan kecoklatan)

2. Nasi (jangan panas)

3. Bawang putih cincang halus, daun bawang cincang halus

4. Kecap manis, kecap asin, kecap ikan, angciu, gula, garam

5. Telur, bakso, sosis, dll sesuai selera

6. Sambal terasi

7. Tomat cincang halus

Cara membuat:

1. Tumis bawang putih sampai keemasan dan harum

2. Masukkan telur, aduk-aduk dan tumis sampai kering

3. Masukkan bakso, sosis, tomat, sambal terasi, aduk-aduk sampai bakso dan sosis kering dan tomat layu

4. Masukkan nasi, dan semua bumbu-bumbu

5. Masak sampai matang, taburi teri goreng di atasnya

Fried Rice with salted anchovies

Author: cruiseoflife

Hi there. I'm from Indonesia but now live quite far away from my home country. I love cooking for my family. I learned how to cook for the first time from my mom and I believe that mom's cooking is always the best, and I do hope that my son will feel the same too even though he grows up so fast. I love Indonesian food as I grew up with it, and I promise to myself that my son, although he doesn't live in Indonesia right now, will always like and enjoy authentic Indonesian food. I make this blog so that my family will always remember our togetherness and happy time that we had, are having, and will have when we eat together and have good memories about a mother's love through her dishes. Hopefully these recipes will help other people to make healthy home cooked dishes for their families.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s