Everyday Is A Miracle

Be happy and enjoy every single bite of it

Nasi Bakmoy Dengan Perkedel Udang

Leave a comment

Berhubung gua jarang banget masak, yang mana dalam sebulan kadang-kadang gak sekali waktu dulu gua masih ngantor, maka sekarang di mana gau mesti mikirin menu makanan tiap hari kok rasanya kadang mumet juga ya. Untunglah ada bantuan internet di mana kita bisa browsing segala macam resep mulai dari yang gampang sampai yang susauh. Satu reseppun versinya bisa ada banyak banget, yang kadang membuat bingung yang mana yang mesti diikutin.

Salah satu resep hasil googling ini adalah resep bakmoy. Nyokap gua emang sering masak bakmoy, cuma gua liat di respe ini kok rada beda ya. Emang sih nyokap gua dan seluruh keluarga gua asalnya dari Semarang, Pekalongan, dan Jawa Tengah sekitarnya, jadi pastin kulinernya juga terpengaruh dong sama daerah situ. Termasuk si bakmoy yang biasa dimasak sama nyokap gua ini, walaupun mirip-mirip tadi dari segi rasa agak beda sedikit.

Nah, yang gua coba buat buat resep bakmoy ala nyokap gua (karena gua gak tau juga sih gimana cara bikinnya, selama ini cuma tinggal makan doang), dan lagian kepengen nyobain sesuatu yang baru. Apalagi karena di resep ini pakai bola-bola udang (gua bilangnya perkedel udang soalnya bentuknya setelah digoreng gak mirip bola sama sekali). Bumbu kuahnya sih mirip ya, sama-sama berbahan dasar kecap manis, cuma agak lain sedikit aja cara masaknya.

Bakmoy menurut gua paling enak kalau pakai daging babi, tapi daging babi bisa diganti dengan daging ayam kok, dan rasanya juga gak sama-sama enak (walaupun gua tetep pilih daging babi).

Supaya gak ribet pas paginya, perkedel udangnya udah gua adonin dari malam dan daging babinya juga udah dimarinate sama kecap manis, terus dua-duanya dimasukin kulkas deh.

Membuat Perkedel Udang:

Bahan

1. 1/4 kg udang buang kulitnya dan cuci bersih

2. Satu butir telur ayam

3. Bawang putih 5 siung, haluskan dan goreng, serta daun bawang potong halus

4. Gula 1/2 sendok teh, garam 1/2 sendok teh, kecap asin 1 sendok teh (takaran bisa disesuaikan dengan kadar keasinan yang diinginkan)

5. Tepung maizena/sagu 1 sendok teh

Cara Membuat

1. Blender halus bahan 1 sampai 5

2. Buat bentuk oval atau bulat dan gepengkan

3. Goreng dengan api kecil sampai terendam minyak

4. Angkat jika sudah kecoklatan

Membuat Bakmoy dan Kuahnya:

Bahan

1. Daging babi 1/4 kilo potong kecil-kecil dan rendam dalam kecap manis sampai tercampur rata selama kira-kira 2 jam

2. Bawang putih 5 siung cincang halus

3. Daun bawang cincang halus

4. Tahu putih potong kotak kecil, goreng sampai agak coklat

5. Kecap asin, saus tiram, saus inggris, gula, garam

Cara Membuat

1. Tumis bawang putih hingga harum dan keemasan

2. Masukkan daging babi, oseng-oseng hingga berubah warna coklat muda

3, Masukkan daun bawang dan tahu putih, aduk-aduk

4. Masukkan bumbu: 1 sendok teh saus tiram dan saus inggris, gula, kecap asin, dan garam sesuai selera

5. Tambahkan air / kaldu. Kebetulan gua punya stok kaldu babi yang dibuat dari tulang babi di kulkas jadi ini yang dimasukkan. Rasanya lebih enak kalau ada kaldu babi.

6. Masak sampai mendidih dan daging empuk

Cara penyajian

1. Rebus telur ayam, kupas, goreng sebentar, potong 2

2. Tata di piring bersama nasi dan perkedel udang

3. Siapkan kuah dan isian bakmoy di mangkok

4. Siramkan kuah ke nasi

Gambar kiri: shrimp paste yang siang digoreng
Gambar kanan: pork meat yang sudah direndam bumbu

 

Nasi bakmoy siap disantap

 

Author: cruiseoflife

Hi there. I'm from Indonesia but now live quite far away from my home country. I love cooking for my family. I learned how to cook for the first time from my mom and I believe that mom's cooking is always the best, and I do hope that my son will feel the same too even though he grows up so fast. I love Indonesian food as I grew up with it, and I promise to myself that my son, although he doesn't live in Indonesia right now, will always like and enjoy authentic Indonesian food. I make this blog so that my family will always remember our togetherness and happy time that we had, are having, and will have when we eat together and have good memories about a mother's love through her dishes. Hopefully these recipes will help other people to make healthy home cooked dishes for their families.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s