Everyday Is A Miracle

Be happy and enjoy every single bite of it

Brokoli Tumis Udang dan Fishcake

Leave a comment

Salah satu sayur yang disuka sama lil boy adalah brokoli (berharap kapan papanya bisa doyan juga sama sayur ini??? Mau sih makan, tapi ya gitu deh harus dengan agak terpaksa gitu). Padahal kan brokoli bagus ya buat kesehatan, vitaminnya banyak, dan mencegah kanker juga. Dulunya sih nih anak gua gak doyan sama sekali sama brokoli, mungkin karena kuntumnya agak kasar ya dibandingin sama kembang kol. Kalau kembang kol sih doyan dia. Nah, entah kenapa sejak pindah ke sini dan pas mama/oma masak brokoli dan dicobain, jadinya doyan dia. Malahan mau lho sekarang makan brokoli begitu aja gak pakai nasi alias cuma digado aja. Tapi harus ditumis dulu tentu saja, ditusuk pakai garpu dan dimakan gitu aja.

Nah, karena Rafel udah doyan sama yang namanya brokoli, jadinya salah satu sayuran paling gampang buat ditumis dan juga cepat adalah si brokoli ini. Persiapannya cepat, masaknya cepat, dan bumbunya juga gampang banget. Gak perlu pakai lauk tambahan lagi, cukup nasi sama ini aja udah enak banget. Apalagi kalau nasinya panas. Oya, dulu brokoli ini juga sayur favorit gua. Hampir setiap minggu request minta dibawain bekal pakai lauk ini kalau ke sekolah/kantor, biasanya sama nyokap ditumis pakai bawang putih dan bakso sapi aja. Cuma waktu dulu kan brokoli termasuk jenis sayur yang muahal ya di antara sayur-sayur lainnya, jadi walaupun request tiap minggu, tetep aja gak bisa makan tiap minggu. Biasanya nyokap nunggu kalau harganya lagi turun, kalau lagi mahal biasanya gak pernah beli. Nah sekarang dengan kondisi harga udah reasonable kayak sayuran lainnya, kenapa kok gua jadi gak terlalu fanatik sama sayuran ini lagi? Mungkin karena dulu kan ngedapetinnya susah, mesti tunggu murah dulu baru bisa makan, jadinya suka banget dan menanti-nanti kapan bisa makan ini lagi, sambil berharap tiap kali nyokap gua ke pasar harga si brokoli ini gak lagi melejit alias mahal banget.

Ini dia salah satu sayur favoritnya Rafael:

Bahan:

1. Satu kuntum Brokoli, setelah dipotong dan dicuci bersih, bilas dengan air panas supaya bau langunya hilang

2. Udang dan fishcake potong sesuai selera

3. Bawang putih cincang halus, ditambah bawang bombay cincang panjang akan lebih enak lagi

4. Saus tiram, kecap asin, kecap ikan, angciu, gula

Cara Membuat:

1. Tumis bawang putih (dan bawang bombay) serta udang sampai harum dan berubah warna

2. Masukkan fishcake, aduk-aduk kira-kira 3 menit (karena fishcake gua sebelumnya gak digoreng dulu tapi langsung ditumis)

3. Masukkan brokoli

4. Masukkan bumbu-bumbu: saus tiram 1 sendok teh, kecap asin, kecap ikan, gula, angciu sesuai selera

5. Tambahkan air dan kentalkan dengan tepung sagu

Another simple and healthy dish

Author: cruiseoflife

Hi there. I'm from Indonesia but now live quite far away from my home country. I love cooking for my family. I learned how to cook for the first time from my mom and I believe that mom's cooking is always the best, and I do hope that my son will feel the same too even though he grows up so fast. I love Indonesian food as I grew up with it, and I promise to myself that my son, although he doesn't live in Indonesia right now, will always like and enjoy authentic Indonesian food. I make this blog so that my family will always remember our togetherness and happy time that we had, are having, and will have when we eat together and have good memories about a mother's love through her dishes. Hopefully these recipes will help other people to make healthy home cooked dishes for their families.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s