Everyday Is A Miracle

Be happy and enjoy every single bite of it

Mie Ayam

2 Comments

Hari Sabtu kemarin habis makan mie di Tampines yang mana menurut gua kok gak enak banget ya……ngabisinnya terpaksa banget karena sayang aja udah dibeli. Jadi hari Senin ini, kepikiran pengen buat mie ayam jamur ala Jakarta sendiri aja deh. Kebetulan bahannya ada semua kecuali jamur. Tapi itu bisa diskip jadi pakai ayam aja. Mienya juga ada, walaupun bukan mie yang kayak dijual di pasar di Jakarta ya (kalau itu sih gak ada), jadi sebagai gantinya pakai mie panjang kurus aja.

Oya, selama masak ini ditemenin sama siaran TV gratisan dari si bocah. Udah berasa lagi dengerin Animal Planet aja sepanjang proses memasak. Jadi kan si bocah lagi hobi sama segala jenis binatang dan dinosaurus, nah selama mamanya di dapur dia kuliahin mamanya tentang jenis-jenis dinosaurus dan binatang, makanannya apa, nama latinnya apa, hidup di mana, life cyclenya kayak gimana, termasuk keluarga apa, dsb. Udah berasa pelajaran science waktu SD, bedanya yang ngajar anak kecil aja, hehehe…..Eh, pake acara kuis segala lagi. Abis dijelasin gitu si bocah kasih pertanyaan sehubungan penjelasan dia itu, ampyun dah…….Dikasih beberapa soal yang ajaibnya walaupun jawab rada ngasal tapi ada beberapa yang bener juga, hahaha…..terus dikasih nilai. Ada lho 1,5 jam lebih dia nemenin mama di dapur sambil ngajarin dan ngasih ulangan. Terus malemnya pas masak bakmoy begitu juga, selama 1,5 jam lebih juga begitu nemenin bolak balik dapur dan ruang tamu sambil kasih kuliah dan kuis, hihihi……

Terus pas baru bangun tidur kan ditawarin, Rafel makan mie ya, mama masak mie ayam. Eh, dia gak mau lho….katanya masa mie sih…..akhirnya makan biskuit. Terus malemnya juga sempet agak gak mau waktu mau dikasih mie, tapi akhirnya karena gak ada pilihan lain mau juga sih, hehehe…..

Jadi, mamanya bikinin 1 porsi buat dia. Eh, pas udah abis malahan minta lagi karena katanya kurang dan masih laper, ampun deh……tapi karena udah males gua berkutat masak mie lagi, akhirnya ditawarin minum susu kotak aja deh. Terus ditanya besok pagi mau sarapan apa, eh dia minta mie yang tadi lagi lho. Terus mamanya kan tanya: emangnya doyan ya…. Dijawab: iya sih……

Jadi akhirnya yang rencananya mamanya mau makan lagi malam itu jadi batal, karena ayam kecapnya tinggal sedikit nanti gak cukup. Untunglah, kalau gak kapan gua kurus???

Rasanya enak kok dan mengobati kekangenan gua sama mie ayam abang-abang ataupun engkoh-engkoh di deket rumah gua…….cuma sambelnya aja nih yang pake sambel botolan, lebih enak pakai sambel yang bikin sendiri. Bisa sih sebetulnya, tapi di sini harga cabe muahal dan jarang ketemu cabe rawit, ada cabe merah yang besar-besar itu (doh, mana enak dibikin sambel mie ya…..).

Berikut resep lengkapnya mie ayam ala Mama Rafael (modifikasi sedikit dari resep oma yang emang udah uenak itu….)

Membuat Kuah Kaldu:

Bahan:

1. Ayam, potong-potong kecil-kecil seperti tukang mie. Tulangnya jangan dibuang

2. Bawang putih 5 siung potong halus dan goreng

3. Daun bawang potong halus

4. Gula, garam, kecap asin

Cara:

1. Isi panci dengan air, didihkan

2. Jika sudah mendidih, kecilkan api dan masukkan potongan ayam dan tulang-tulang

3. Tunggu sampai mendidih, matikan api

4. Pisahkan potongan ayam di mangkuk dan buang tulang-tulang

5. Tunggu sampai agak dingin, masak lagi dengan api kecil bersama dengan bawang putih dan daun bawang, tambahkan kecap asin, garam, gula

Membuat Ayam Kecap:

Bahan:

1. Potongan ayam bekas membuat kaldu

2. Bawang putih 3 siung potong halus

3. Daun bawang cincang halus

4. Kecap manis, saus tiram, kecap asin, kecap ikan, gula, garam

Cara:

1. Goreng bawang putih cincang dengan api sedikit sampai keemasan

2. Masukkan ayam, aduk-aduk selama kurang lebih 3 menit, masukkan daun bawang, aduk-aduk lagi 2 menit

3. Tambahkan bumbu: 1 sendok makan kecap manis, 1 sendok teh saus tiram, 1 sendok teh kecap ikan, 1 sendok teh kecap asin, gula.

4. Tambahkan air sesuai selera. Masak sampai mendidih sambil diaduk-aduk. Tambahkan garam bila kurang asin

Ayam kecap dan caisim yang sudah direbus

Membuat Campuran Bumbu Mie:

1. Goreng bawang putih cincang dan kulit ayam dalam minyak

2. Saring dan pisahkan minyak

3. Goreng lagi bawang putih cincang yang baru dalam minyak yang sudah dipisahkan tadi

4. Saring hanya tinggal minyak saja

5. Campur dalam mangkuk takaran berikut ini: 2 sendok makan kecap asin, 1 sendok  makan kecap ikan, 1 sendok teh angciu

Kiri: campuran kecap
Kanan: minyak bawang putih

Meramu Mie Ayam

1. Taruh minyak bawang dan campuran kecap di mangkuk

2. Tata mie yang sudah direbus dan ditiriskan, rebusan sawi di mangkuk

3. Aduk mie, sayur, dan bumbu hingga rata

4. Siram dengan ayam kecap

5. Taburi bawang daun dan tongcai

6. Sajikan kuah kaldu terpisah di mangkuk

Everybody says: yummy……………

Dimakan dengan macam-macam bakso lebih enak lagi (fishball, fried fishball, dan fishcake). Tinggal masukkan bakso ke dalam kuah kaldu ayam tadi

Update: Bulan September gua buat lagi mie ayam, kali ini lengkap dong dengan bakso sapi yang khusus dibawa nyokap gua buat distock. Dan karena penggemar bakso sapi di rumah ini cuma gua seorang (yang lain doyan tapi ya…hhh gitu doang sih, gak terlalu nyariin), makanya irit banget si bakso ini di sini.

Mie ayam lengkap dengan bakso sapi dan topping ayam yang banyak, plus selada yang cuma perlu disiram kuah panas aja. Yang kiri itu porsi gua, yang kanan atas punya lil boy, dan yang kanan bawah punya si papa. Ketahuan kan siapa yang paling maruk doyan…….

Author: cruiseoflife

Hi there. I'm from Indonesia but now live quite far away from my home country. I love cooking for my family. I learned how to cook for the first time from my mom and I believe that mom's cooking is always the best, and I do hope that my son will feel the same too even though he grows up so fast. I love Indonesian food as I grew up with it, and I promise to myself that my son, although he doesn't live in Indonesia right now, will always like and enjoy authentic Indonesian food. I make this blog so that my family will always remember our togetherness and happy time that we had, are having, and will have when we eat together and have good memories about a mother's love through her dishes. Hopefully these recipes will help other people to make healthy home cooked dishes for their families.

2 thoughts on “Mie Ayam

  1. hahaha si raffel pinter banget ya… dia hafal gitu ya ama nama2 latin dan makanan binatang2/dinosaurus gitu??? ntar gedenya jadi scientist nih…🙂

    • Iya gak tau tuh nurun dari siapa, padahal dulu gua dulu di sekolah pelajaran hafalan kayak biologi gitu pas pas an banget karena gak suka ngapalin.
      Jadi scientist……… Amin……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s