Everyday Is A Miracle

Be happy and enjoy every single bite of it

Fried Chicken In Worcester Sauce With Potato Chips

Leave a comment

Maksudnya ini adalah ayam goreng saus inggris atau yang biasa disebut ayam goreng mentega, dimakan dengan kentang goreng yang dipotong tipis-tipis. Dari dulu kalau masak ayam goreng ini memang paling enak kalau dimakan sama lalapan ketimun, tomat, dan keripik kentang. Biasanya supaya enak semuanya disiram dengan sausnya. Cuma di sini gak disiram dengan sausnya, tapi dipisah-pisah, karena Rafael gak suka kalau kentang gorengnya disiram karena jadinya kurang garing.

Kalau versi omanya Rafel, masak ayam goreng mentega ini ayamnya direndam dulu sama kecap inggris, terus baru dimasak dan diberi air. Kalau versi yang sekarang gua masak ini agak beda karena ayamnya digoreng dulu baru dicampur ke sausnya.

Persiapannya agak ribet dan lama karena proses memotong kentang, menggoreng kentang, menggoreng ayam, semuanya perlu proses yang gak sebentar. Cuma hasilnya dijamin enak dan sesuai deh sama capeknya.

Selama batuk si bocah gak dikasih makan gorengan, kalaupun dikasih juga dikit banget dan gak digoreng kering. Jadi begitu denger mamanya mau bikin kentang goreng, langsung semangat banget deh. Habis makan siang, main sebentar, belajar, terus kan tidur siang. Nah, sebelum tidur siang si bocah udah ribut nanya begini:

R: Nanti kalau bangun tidur laper makan apa?

M: Biskuit ya, atau roti, kan tadi beli roti keju

R: Enggak ah, nasi aja

M: (dalam hati:  tumben minta nasi padahal biasanya paling gak mau disuru makan nasi bangun tidur): Mama belum masak, entar aja malem makannya bareng sama papa (soalnya kan kalau dimasak duluan jadinya kurang enak karena udah dingin kan melempen gorengannya)

R: Yah masak dong makanya………

M: udah kepengen makan kentang goreng ya…..

R: Iya…….

Tapi tetep bangun tidur disuru makan roti keju dulu soalnya belum siap masakannya, hahaha……Gak lama abis makan roti udah ribut laper lagi, katanya rotinya gak bikin kenyang. Pas papanya juga baru pulang dan berdua itu langsung ribut laper. Rafael sampe bolak balik ke dapur ngeliatin kompor sama wajan sambil nanya: “udah belum sih, berapa lama lagi, aku udah laper nih….” terus begitu bolak balik tiap beberapa menit. Yak ampun, itu roti ngilang ke bagian perut sebelah mana sih, ckckck…………

Udah gitu pas udah mateng langsung dia ribut nanya nasinya mana, pas mamanya lagi ambil nasi buat papanya langsung dia komentar begini: “Ya…kok nasinya papanya dulu sih yang diambilin…..” Hahahaha……..udah segitu lapernya kayaknya.

Tadinya mamanya agak khawatir kalau si bocah gak doyan ayam yang disiram saus kayak begini, jadi abis goreng ayam, mamanya pisahin beberapa potong yang gak disiram saus buat jaga-jaga aja. Eh, ternyata Rafael doyan banget sama ayamnya, makannya banyak banget, baik nasi maupun ayamnya, apalagi ditambah keripik kentangnya. Padahal kering gitu gak ada kuahnya.

Duh, jadi kebanyakan cerita tapi resepnya gak keluar-keluar, ok berikut cara masaknya:

Membuat Keripik Kentang:

1. Pilih kentang ukuran sedang, kupas, cuci dengan air bersih, potong menjadi dua memanjang

2. Potong tipis-tipis dengan pisau yang tajam dan besar, usahakan setiap potong tidak berbeda jauh ketipisannya supaya pada waktu digoreng matangnya rata

Potong kentang seukuran ini

3. Pindahkan kentang yang sudah dipotong tipis tadi ke mangkuk, rendam dengan air panas selama 15 menit (kentang akan lebih garing jika direndam dahulu dengan air panas)

4. Setelah 15 menit, buang air panasnya, cuci dengan air keran selama beberapa kali sampai panasnya hilang, saring agar airnya habis

5. Beri garam dan aduk rata

6. Diamkan 2 menit agar garam meresap

7. Goreng dengan minyak banyak dan api kecil saja. Menggoreng keripik kentang ini susah-susah gampang, kalau api terlalu besar maka kentang tidak akan rata matangnya dan menyebabkan sebagian akan gosong. Bolak balik selama proses penggorengan untuk memastikan kentang matang dengan rata. Menggoreng dengan api kecil lebih aman walaupun memakan waktu yang sangat lama. Pada waktu akan memasukkan ke penggorengan, pecah-pecah dengan tangan agar kentang tidak saling menempel ketika masuk ke wajan

Goreng sampai terendam minyak

8. Tunggu sampai coklat, angkat dan tiriskan

Keripik kentang ini apabila dimasukkan dalam wadah tertutup rapat (misal tupperware atau lock and lock) bisa tahan sampai 3 hari tetap garing. Ini favorit Rafel, makan apapun pakai ini pasti banyak dan gampang. Dengan catatan maksimal 2 kali saja terus berhenti dulu semingguan, karena si bocah gampang bosan juga sih

Cara lebih mudah adalah menggunakan parutan kentang yang banyak dijual di supermarket. Tapi gua kurang suka karena jadinya sangat tipis dan jadinya malah banyak yang menempel satu sama lain waktu digoreng. Jangan rendam kentang yang sudah dikupas terlalu lama ataupun dimasukkan ke kulkas baru digoreng, karena hasilnya akan kurang bagus alias kurang garing

Membuat ayam goreng:

1. Potong-potong ayam menjadi ukuran sedang sehingga mudah dimakan. Kalau pakai fillet, potong panjang dan tipis agar bumbu meresap rata

2. Siapkan bumbu perendam: 5 siung bawah putih tumbuk halus, 5 siung bawang putih potong tipis kemudian goreng dan haluskan, kecap asin, garam, tepung maizena/sagu sampai kira-kira seluruh ayam terlapisi

3. Rendam ayam selama kurang lebih 1 jam

4. Goreng ayam dalam minyak banyak dan api kecil agar matang merata sampai dalam

5. Ketika sudah coklat, angkat dan tiriskan

Gambar kiri: marinate ayam dengan bumbu dan masukkan kulkas selama kurang lebih 1 jam.
Gambar kanan: ayam yang sudah selesai digoreng

Membuat Saus:

1. Potong memanjang 1 siung bawang bombay dan potong halus 3 siung bawang putih

2. Lelehkan 1 sendok teh mentega di penggorengan, masukkan bawang bombay lalu bawang putih sampai harum dan berubah warna keemasan

3. Masukkan saus dengan takaran: 2 sendok makan kecap inggris, 1 sendok teh kecap manis, dan 1/2 sendok teh saus tiram, 1/2 sendok teh kecap asin, 1/2 sendok teh gula

4. Tambahkan air kira-kira 200 ml, koreksi rasa bila kurang asin tambah garam

5.  Masukkan ayam goreng, aduk-aduk sampai bumbu rata dan air hampir habis

Ayam goreng yang sudah dicampur saus, kalau suka agak berkuah lebih baik airnya jangan dihabiskan tapi disisakan sedikit

6. Matikan kompor dan hidangkan di piring

Sajikan dengan timun (boleh tambah tomat atau selada) dan keripik kentang. Keripik kentang yang ada di sini cuma sebagian aja, karena sebagian besar udah gua taro di piringnya Rafel. Dan satu porsi ini habis berdua lho dimakan Rafel sama papanya. Tepatnya sih timun sama keripik kentang yang digambar itu dimakan habis sama papanya, karena Rafel udah punya jatah sendiri. Terus ayamnya ya habis dimakan berdua deh. Terus kan masih ada ayam yang gua sisain gak dicampur saus, akhirnya gua masak lagi sebentar buat gua makan deh. Habisnya gak tega sih ngeliat mereka pada doyan dan pada kelaperan banget, hehehe……Seneng deh yang masak kalau yang makan pada lahap begini

Apa masih perlu bukti kalau ini enak dan layak untuk dicoba?

Habis ludes licin tandas dalam 15 menit! Padahal masaknya 2 jam aja sendiri……

Author: cruiseoflife

Hi there. I'm from Indonesia but now live quite far away from my home country. I love cooking for my family. I learned how to cook for the first time from my mom and I believe that mom's cooking is always the best, and I do hope that my son will feel the same too even though he grows up so fast. I love Indonesian food as I grew up with it, and I promise to myself that my son, although he doesn't live in Indonesia right now, will always like and enjoy authentic Indonesian food. I make this blog so that my family will always remember our togetherness and happy time that we had, are having, and will have when we eat together and have good memories about a mother's love through her dishes. Hopefully these recipes will help other people to make healthy home cooked dishes for their families.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s