Everyday Is A Miracle

Be happy and enjoy every single bite of it

Silken Beef/Pork Tofu

Leave a comment

Salah satu makanan kesukaan Rafael kalau makan di Restoran Sinar Medan adalah oseng-oseng tofu dengan daging sapi cincang (pernah diposting di sini juga gambarnya). Warnanya kecoklatan karena didominasi oleh kecap. Rasanya enak dan dagingnya empuk. Cuma kita tau juga sih kalau makanan beli gitu kan pasti pakai MSG ya. Jadinya kurang baik terlalu sering beli. Jadi oma sering buat masakan ini buat Rafel. Cuma berhubung oma gak ada, ya udah mamanya aja yang masakin. Berhubung gak pernah tau juga oma masaknya gimana, akhirnya coba modifikasi resep sendiri aja. Cara buatnya pastinya beda dari masakan oma, karena ada beberapa yang gua coba modifikasi sendiri dan ternyata pas.

Rasanya tentu saja beda dengan yang ada di Sinar Medan. Pertama karena pakai daging babi bukan sapi (tapi bisa kok pakai sapi, kemarin karena gak ada stock di kulkas jadinya pakai babi). Tapi lebih enak lho pakai daging babi. Terus dagingnya direndam dulu dan pakai kuahnya pakai saos tiram juga. Jadi rasanya gurih manis, gak manis saja.

Rafael yang baru sembuh dari sakit juga doyan banget. Nafsu makannya udah mulai balik lagi nih ke normal, dan dimasakin ini habis aja buat 2 kali makan (siang dan malam). Jadi mamanya gak kebagian dan terpaksa mesti cari makanan lain deh. Tadinya berharap bisa dimakan berdua, ternyata gua cuma kebagian icip-icip di kompor aja, hahaha…….

Menurut gua rasanya enak, terutama dagingnya dan kuahnya yang manis tapi juga asin gurih. Cocok buat Rafel yang mulutnya masih agak pahit karena masih minum obat batuk dan baru sembuh sakit. Kuahnya juga sengaja dibanyakin supaya gampang ditelan. Tofu dan daging yang empuk juga gampang dikunyah dan ditelan. Inilah makanya kenapa gua lebih suka pakai babi, karena lebih cepat empuk dibanding sapi.

Bahan:

1. Satu tube silken tofu, potong 6 atau buat potongan lebih kecil, goreng sebentar di wajan teflon dengan minyak 1 tetes hingga agak coklat

2. Bawang bombay 1/2 siung potong panjang

3. Daging babi potong memanjang tipis (sesuai selera jumlahnya)

4. Kecap asin, garam, gula, saos tiram, kecap manis

5. Tepung sagu

Cara Membuat:

1. Rendam daging babi dengan kecap asin dan tepung sagu selama 1 jam. Tepung sagu tidak perlu terlalu banyak, ambil dengan tangan dan taburkan sampai kira-kira bagian atas daging tertutup. Aduk rata dengan tangan tepung sagu dan kecap asin

2. Tumis bawang bombay hingga harum

3. Masukkan daging babi, oseng-oseng sampai berubah menjadi coklat

Oseng-oseng sampai daging berubah warna seperti ini baru tambahkan bumbu

4. Tambah bumbu: kecap manis sedikit, saos tiram (perbandingan saos tiram 2 kali lebih banyak dari kecap manis), kecan asin, gula, aduk-aduk

5. Tambahkan air dan masukkan sapo tahu, masak sampai daging empuk

6. Kentalkan kuah dengan tepung sagu yang diaduk rata dengan air matang

7. Hidangkan selagi panas

Pork Tofu siang dihidangkan

Author: cruiseoflife

Hi there. I'm from Indonesia but now live quite far away from my home country. I love cooking for my family. I learned how to cook for the first time from my mom and I believe that mom's cooking is always the best, and I do hope that my son will feel the same too even though he grows up so fast. I love Indonesian food as I grew up with it, and I promise to myself that my son, although he doesn't live in Indonesia right now, will always like and enjoy authentic Indonesian food. I make this blog so that my family will always remember our togetherness and happy time that we had, are having, and will have when we eat together and have good memories about a mother's love through her dishes. Hopefully these recipes will help other people to make healthy home cooked dishes for their families.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s