Everyday Is A Miracle

Be happy and enjoy every single bite of it

Cakue Isi Ayam Udang

Leave a comment

Cakue isi ayam udang ini adalah salah satu makanan kesukaan gua. Pertama kali makan ini di Sapo Oriental jaman dulu banget waktu masih pacaran sama papanya Rafel. Sejak makan di situ langsung jatuh cinta sama masakan ini. Cuma waktu itu makan di Sapo Oriental masih tergolong mahal ya……satu porsi isi cuma 3 aja harganya lumayan juga untuk ukuran waktu itu. Waktu makan di Sapo itu, cakue isinya setelah digoreng itu masih disiram sama saos asam manis dikasih nanas sama paprika.

Lama-lama, waktu udah melek internet dan resep juga bertaburan di mana -mana, mulai ngeliat ada resep ini di internet. Akhirnya coba-coba buat sendiri di rumah kira-kira tahun 2008. Lumayan enak sih, cuma kok dalemnya gak mateng ya. Terus pernah coba juga cakuenya dikukus dulu baru digoreng, eh malahan gak enak. Setelah beberapa kali coba, akhirnya ketemu juga resep yang pas. Cuma kalau gua makannya gak pakai saos asam manis nanas dan paprika, gak ada yang doyan sih di rumah. Pada lebih suka makan garing gitu dicocol sama sambel botolan, Jadi sekarang tiap kali buat juga kering aja gak disiram saos. Kemarin itu sempet mau coba buat saosnya buat dicocol aja gak disiram, cuma setelah mempertimbangkan efisiensi (anak gw kan gak doyan asem manis gitu), udah capek-capek buat gak ada yang makan, ya mending kering gini aja deh.

Cakuenya cuma jadi 7 buah aja, tadinya Rafael gak dikasih karena baru sembuh dari batuk. Cuma tuh anak sejak batuk sensitif banget deh indra keenamnya, tau aja gitu kalau lagi ada yang ngegoreng sesuatu ataupun makan gorengan, padahal udah ngumpet-ngumpet dan dia juga udah punya makanan sendiri. Langsung nyamperin sibuk nanya-nanya “itu apaan sih” dan minta cobain. Beberapa kali mamanya goreng tahu atau yang lain ketahuan ama dia tapi berhasil dialihkan perhatiannya, cuma pas papanya makan di meja makan dia langsung nyamperin dan minta cobain, dan ternyata doyan. Ya udah akhirnya besok paginya dikasih buat sarapan pagi (satu setengah potong aja, soalnya takut batuk lagi).

Untuk isian cakuenya, gua ambil dari daging yang diblender kemarin buat bikin bakso tahu sama isi pangsit. Tinggal dimasukin aja ke cakuenya kok. Ini resep lengkapnya kalau buat dari awal:

Bahan:

1. Ayam fillet dan udang dengan perbandingan 3:1 atau sesuai selera mau rasa mana yang lebih kuat (biasanya gua satu chicken breast ukuran besar dan 14 udang kupas)

2. Bawang putih cincang halus dan goreng, sekitar 8 siung

3. Telur 2 butir

4.ย Garam, gula, kecap asin

5. Daun bawang cincang halus

6. Wortel 1/4 butir cincang halus

7. Cakue, potong dua, buat sayatan memanjang jangan sampai putus

Cara membuat:

1. Blender halus bahan 1,2,3,dan 4, taruh di piring

2. Campur dengan bahan 5 dan 6

3. Isikan di cakue. Pada saat mengisi jangan terlalu banyak. Tapi jangan kuatir, isian ini padat kok, walaupun gak rata mengisinya gak akan berceceran waktu digoreng

4. Goreng dengan minyak sampai terendam dengan api sangat kecil agar isi cakue matang dan cakue tidak gosong

Cakue yang siap diisi (kiri) dan sudah diisi (kanan)

Cakue setelah digoreng

Rasanya enak, karena gua suka makanan gurih dan garing serta pedas. Makan pakai saos sambal dan saos tomat pada saat masih panas, tinggal tambahin nasi anget aja.

Oya, setelah diisi kalau mau disimpan bisa dimasukkan ke freezer, keluarkan sebentar baru digoreng. Setelah digoreng kalau tidak langsung dimakan cakue akan menjadi tidak garing lagi alias kurang enak.

Author: cruiseoflife

Hi there. I'm from Indonesia but now live quite far away from my home country. I love cooking for my family. I learned how to cook for the first time from my mom and I believe that mom's cooking is always the best, and I do hope that my son will feel the same too even though he grows up so fast. I love Indonesian food as I grew up with it, and I promise to myself that my son, although he doesn't live in Indonesia right now, will always like and enjoy authentic Indonesian food. I make this blog so that my family will always remember our togetherness and happy time that we had, are having, and will have when we eat together and have good memories about a mother's love through her dishes. Hopefully these recipes will help other people to make healthy home cooked dishes for their families.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s