Everyday Is A Miracle

Be happy and enjoy every single bite of it

Sup Bakso Ayam Tofu

Leave a comment

Hari Minggu, mumpung papanya Rafel lagi ada di rumah, gua sibuk membuat masakan yang kira-kira bisa gua masukin ke freezer buat disimpan beberapa hari ke depan. Setelah beres dengan siomay ikan, sasaran selanjutnya adalah ayam dan udang. Gua blender ayam, udang, dan telur dalam jumlah lumayan banyak, terus gua pisah-pisah. Sebagian dimasak jadi bakso kuah, sebagian bakso goreng, dan sebagian lagi diisikan ke cakue buat jadi cakue isi bumbu asam manis. Terus masih ada sis adonan, ya udah gua bikin jadi pangsit goreng aja. Lumayan kan sekali buat adonan jadi banyak, itupun udah nyaris seharian gedubrakan di dapur belum nyuci perabotnya segala. Akhirnya malemnya gua putuskan no cooking and washing, let’s eat out, hahaha……..dan berakhirlah kami di Kopi Tiam White Sands Mall, yang mana makanannya gak terlalu enak ya. Eh, tapi Rafael pesen ikan bakar ala Indonesia lumayan enak deh. Capek deh, masak makan begituan di mall ya…….itupun udah muter berkali-kali baru diputusin mau makan apa. Mamanya makan teppanyaki yang gak enak (not recommended deh pokoknya, ketolong sambel aja makanya masih bisa makan).

Adonan dasar gua buat sekali banyak

Resep adonan dasar:

1, Campur ayam dan udang dengan perbandingan 3:1, bawang goreng 10 siung, dan telur 3 butir (kalau pakai takaran gua di atas lho ya….), garam, gula sedikit, dan kecap asin

2. Blender halus, taruh di piring

Nah, yang dishare pertama adalah resep bakso ayam udang dulu, untuk menambah kelengkapan gizinya ditambah dengan campuran wortel dan tofu:

1. Ambil sebagian dari adonan dasar di atas

2. Campur dengan wortel yang diparut halus dan daun bawang yang dipotong halus

3. Masak air sepanci sampai mendidih. Air biasa aja gak perlu air kaldu. Pada saat memasak baksonya, kaldu ayam dan dagingnya akan keluar sendiri

4. Buat bulatan bakso dengan tangan, masukkan ke dalam panci, masak dengan api kecil supaya kaldunya keluar ke air

5. Tunggu sampai bakso naik dan mengapung di permukaan

6. Bumbui kuah dengan garam, kecap asin, gula, daun bawang, dan bawang putih goreng

7. Goreng tofu di wajan teflon dengan minyak sedikit saja (1 tetes) sehingga tidak berminyak

8. Kira-kira 2 menit sebelum kompor dimatikan, masukkan tofu

9. Angkat dan sajikan

10. Untuk membuat bakso goreng, setelah langkah dua, bulatkan bakso dan goreng dalam minyak panas dengan api kecil. Setelah berubah warna menjadi coklat, angkat dan sajikan

Adonan bakso mentah dan yang sudah matang (akan mengapung ke permukaan). Setelah mengapung, jangan langsung matikan kompor. Tunggu dulu hingga bakso empuk

Lalu gimana tanggapan yang makan? Rafael makan pakai menu ini 2 kali (siang dan malam) dan paginya dengan bakso gorengnya, si bocah oke-oke aja tuh.

Bakso dan tofu

Si papa waktu nyobain pas makan malam langsung bilang:”Wah, enak nih, enak masakannya” dan langsung ke magic jar tambah nasi lagi dan minta tambah baksonya. Terus besok paginya buat sarapan request makan pakai ini lagi. Eh si mama dasar dodol ya…….kan malam itu masak nasi cukup banyak sekalian buat makan pagi si papa. Terus si mama agak gak ngeh waktu papa tambah nasinya, and pagi-pagi (kesiangan bangun jam setengah tujuh baru bangun) ngeliat magic jar kaget kok nasi tinggal segini ya……perasaan kemaren masak banyak deh. Oalah ternyata kan udah dimakan si papa tadi malam. Karena mau masak nasi lagi udah gak keburu, akhirnya makan pake nasi ala kadarnya deh…….

Terus waktu si papa minta tambah baksonya, mamanya udah ketar-ketir takut habis nih, besok anak gua makan apa ya….akhirnya kubatasi tambah 2 saja, hahaha……Untung besok paginya masih ada sisa buat makan Rafael. Tapi sebagai gantinya, gua cuma kebagian nyicip 1/4 bagian bakso yang direbus dan 1/2 bagian bakso goreng alias gua sebetulnya gak makan pakai lauk ini. Soalnya perkiraan awal cukup buat bertiga, apa daya ternyata pada doyan ya sudah yang masak ngalah aja deh (bakso sepanci ini masih ditambah sapo tahu lho 6 bulatan dan bakso goreng 6 potong). Ludes aja tuh, yang masak seneng deh…..

Sup bakso goreng, kalau gak mau disiram kuah, bakso gorengnya dimakan dengan cocolan sambal juga enak kok

Yang paling enak di sini adalah kuahnya, gurih banget hasil dari kaldu ayam dan udang cincang. Maka dari itu masak baksonya harus dnegan api kecil, supaya kaldunya berasa. Setelah matang ditambah bawang merah goreng juga boleh.

Author: cruiseoflife

Hi there. I'm from Indonesia but now live quite far away from my home country. I love cooking for my family. I learned how to cook for the first time from my mom and I believe that mom's cooking is always the best, and I do hope that my son will feel the same too even though he grows up so fast. I love Indonesian food as I grew up with it, and I promise to myself that my son, although he doesn't live in Indonesia right now, will always like and enjoy authentic Indonesian food. I make this blog so that my family will always remember our togetherness and happy time that we had, are having, and will have when we eat together and have good memories about a mother's love through her dishes. Hopefully these recipes will help other people to make healthy home cooked dishes for their families.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s