Everyday Is A Miracle

Be happy and enjoy every single bite of it

Kwetiau Kuah Bakso Ikan

2 Comments

Gara-gara sering lihat orang makan ini di Kopi Tiam, jadi kepengen buat juga. Kenapa gak beli aja? Soalnya masakan berkuah di sini kalau menurut gua agak-agak tasteless ya……, kayak kurang banget rasanya. Ya kurang asin, kurang gurih, apalagi sambelnya, belum pernah nemu sambel yang enak di sini. Masih mending kalau chilli paste gitu sih masih ada rasanya, nah ini kalau minta sambel seringnya dikasih cabe merah iris sama kecap asin, kalau gak cabenya manis asem gitu gak ada rasa pedesnya sama sekali. Yaelah…….gak cocok banget deh buat makan mie/kwetiau/bihun kuah. Yah, walaupun gak ngarep sambal mie yang uenak kayak di Jakarta, tapi kan at least bentuknya sambal gitu lho……..

Jadi ya udah, mending buat sendiri aja di rumah. Kebetulan punya kwetiau lebar, sekalian mau coba masak juga.ย Sayang Rafel lagi sakit jadinya gak terlalu semangat makan kwetiau, tenggorokannya radang sampai merah banget, jadinya males nelen makanan yang ribet kayak si kwetiau ini. Tapi dia sempet mau makan setengah porsi (lumayan kan). Ya udah, besokannya dikasih nasi lembek sama kuah bakso ikannya aja. Karena kuahnya kaldu ayam yang gurih banget dan enak/hangat juga terus bakso ikannya juga empuk, jadinya si bocah mau makan nasi lumayan banyak sama lauk ini.

Sebetulnya mamanya Rafel jauh lebih doyan bakso sapi daripada bakso ikan, tapi berhubung di pasar sini gak ada yang jual bakso sapi, jadinya ya udah pake bakso ikan aja, tetep enak kok……..Yang dibuat di sini adalah kwetiau kuah disiram pakai kuah bakso dan pakai topping ayam jamur kuah kecap. Ya…hhh, kayak mie di Jakarta gitu deh. Pertama buat kuah kecapnya dulu, terus baru kuah baksonya. Supaya waktu dimakan kuah baksonya masih panas mengepul.

ย Ayam Jamur Kuah Kecap

Bahan:

1. Daging Ayam potong kecil-kecil (atau cincang kasar kalau gak mau repot potong-potong)

2. Jamur (boleh pakai jamur apa saja, di sini pakainya jamur enoki karena cuma nemu itu di supermarket). Jamur enoki teksturnya cukup rapuh, jadi hanya dicuci di air mengalir pakai saringan plastik, terus dipotong panjang-panjang

3. Saus tiram, kecap manis, kecap asin, ang ciu, kecap ikan

4. Daun bawang dan bawang putih potong halus

5. Air secukupnya

Cara membuat:

1. Tumis bawang putih sampai harum dan berubah warna

2. Masukkan ayam cincang dan aduk sampai berubah warna

3. Masukkan bumbu-bumbu (saos tiram sedikit saja), kecap manis, kecap asin, ang ciu, dan kecap ikan

4. Tambahkan air sesuai selera, kalau suka kuahnya banyak bisa tambahkan air lebih banyak

5. Kira-kira 2 menit sebelum diangkat, masukkan jamur enoki dan daun bawang. Angkat dan pisahkan

Ayam jamur kuah kecap, waktu masih di wajan (kiri) dan setelah dituang di mangkuk (kanan). Kalau suka rasa manis airnya boleh dibanyakin

Sup Bakso Ikan

Bahan:

1. Supaya gurih dan enak, pakai tulang/ceker ayam kampung. Tulang-tulang ini bagian yang sedikit dagingnya. Biasanya setelah dibuat kaldu, isinya dibuang. Kalau di Jakarta, biasanya beli ayam terus minta tambah tulang dan ceker buat kaldu (gratis dan gak pernah disuru bayar).

2. Bakso Ikan

3.Daun bawang iris halus dalam jumlah cukup banyak, tong cai iris halus dengan jumlah sesuai selera

4.Bawang putih cincang halus dalam jumlah banyak. Untuk 1 panci sup ini, gua pakai 12 bawang putih yang ukurannya lumayan besar. Makin banyak makin harum dan gurih

5. Tambahkan jahe keprek bila suka. Gua gak pakai karena katanya kurang bagus buat tenggorokan yang lagi sakit

6. Kecap asin, garam, gula

Cara membuat:

1. Masak air kaldu di slow cooker, biasanya dari malam sampai besok paginya. Kalau tidak masak di kompor dengan api paling kecil sampai mendidih, matikan, tunggu 1 jam, masak lagi sampai mendidih. Tujuannya supaya kaldunya betul2 meresap di air.

2. Goreng bawang sampai harum dan berubah warna kecoklatan

3. Pindahkan air kaldu dari slow cooker ke panci, masukkan bawang putih yang sudah digoreng (kalau pakai jahe maka sekaligus dimasukkan jahenya), masak dengan api sangat kecil di kompor. Tambahkan daun bawang di tengah-tengah proses memasak.

4. Masukkan bumbu-bumbu (beri sedikit kecap asin, tambahkan garam dan gula), tambahkan tong cai yang diiris halus. Masukkan bakso sesuai selera (bakso ikan, sapi, udang, seafood, atau tahu juga bisa)

5. Aduk-aduk sampai bumbu rata dan mendidih

Sup bakso ikan yang baru matang. Baunya wangi bawang putih, harum banget

Kwetiau dan Sayuran Rebus

1. Potong-potong caisim atau pok choi yang sudah dicuci bersih. Rebus dalam air mendidih. Bisa juga memakai sayuran lain (Tauge, kembang kol, kol)

2. Cuci kwetiau sampai bersih. Masak sebentar dalam air mendidih supaya tidak lengket dan lebih empuk

Kwetiau dan sayuran rebus. Kwetiau bisa diganti dengan mie atau bihun

Cara penyajian

1. Tata kwetiau dan sayuran rebus di mangkuk

2. Siram dengan sup bakso ikan

3. Beri toping ayam jamur kecap

4. Taburi dengan bawang goreng

Taburi dengan bawang merah goreng jika suka

Author: cruiseoflife

Hi there. I'm from Indonesia but now live quite far away from my home country. I love cooking for my family. I learned how to cook for the first time from my mom and I believe that mom's cooking is always the best, and I do hope that my son will feel the same too even though he grows up so fast. I love Indonesian food as I grew up with it, and I promise to myself that my son, although he doesn't live in Indonesia right now, will always like and enjoy authentic Indonesian food. I make this blog so that my family will always remember our togetherness and happy time that we had, are having, and will have when we eat together and have good memories about a mother's love through her dishes. Hopefully these recipes will help other people to make healthy home cooked dishes for their families.

2 thoughts on “Kwetiau Kuah Bakso Ikan

  1. hi sis, salam kenal, mau nanya, sis beli kwetiau lebarnya dimana? tq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s