Everyday Is A Miracle

Be happy and enjoy every single bite of it

Kebun Raya Bogor Dan Tajur

Leave a comment

Libur kejepit hari kamis (kenaikan Tuhan Yesus) tanggal 2 Juni kemarin dimanfaatkan dengan jalan – jalan ke Bogor. Tadinya gak rencana sih memang. Jadi gini ceritanya. Di hari minggunya ieie Susan dan temen2 Guru Sekolah Minggu-nya rencana mau ngadain Kebaktian Padang dan potluck party. Tempatnya dipilih di Kebun Raya Bogor. Terus karena mepet dan hari besar, pesen bis susah banget dapet yang kecil, akhirnya dipesenlah si bis besar isi 54 seat. Langsung ieie nawarin Rafel mau ikut apa enggak. Anaknya pertamanya gak mau, terus ditawarin bisa main bola sama lari2 di lapangan, langsung semangat banget dia mau ikut. Tapi sama oma gak boleh, katanya nanti repot kalo rewel di jalan gimana, kalo kebelet pup gimana, dan sebagainya. Jadi sementara diputuskan gak jadi dan si bocah ditawarkan alternatif lain pergi berenang aja. Dia udah mau. Terus sehari sebelum hari H, ieie Susan sms mama katanya ada anak sekolah minggu (anaknya guru juga namanya Audrick ikut dan minta Raf ikut juga supaya ada temennya, katanya dia mau bawa mainan biar Raf mau ikut). Langsung mamanya dari kantor telp ke rumah dan tanya oma boleh gak, nanti Raf naik bus aja berangkatnya, mama sama oma naik mobil (mama yang nyetir-padahal gw blom pernah nyetir ke bogor). Akhirnya boleh.

Terus pulang kantor langsung siap2, oma udah beli roti, rencana mau bawa mie goreng gak jadi karena udah ada yang bawa. Mamanya siap2 bantal guling di mobil (buat tidur pulangnya), susu kotak, biskuit, cemilan, aqua, baju ganti bawa sampe 4 setel (dipikir cukup lah 4 setel udah kebanyakan – ternyata oh ternyata…… cerita lengkapnya di bawah deh). Terus bawa bola juga sampe 2 biji. Masuk2in barang ke mobil, si bocah karena too excited jadi tidurnya malem banget. Jam 5.15 mamanya bangun mandi dan siap2, oma udah bangun dari pagi masak nasi dan bihun goreng (takut pulangnya macet gak bisa brenti makan – anak gw juga gak bakalan mau diajak brenti makan).

Raf jam 6 kurang 15 udah bangun, dibikinin susu gak mau. Akhirnya dimandiin dulu sebentar, tapi disuru pup gak mau. Jam 6 kurang kita udah jalan ke tempat ngumpul di gereja di Sekolah Penabur. Raf seneng banget ngeliat bus besar, mamanya sama oma ikut nganter ke atas. Terus mamanya diusir2 usur turun aja, katanya dia berani kok sendiri. Laporan ieienya sih sepanjang perjalanan diem, duduk sama Audrick sama ieie, ngeliatin Audrick main game sama liat2 jalan. Mama sama oma naik mobil brenti Mc Donald beli nasi sama ayam, terus karena french fries gak ada, akhirnya di tol mampir di burger king beli kentang goreng sama ke toilet dulu.

Sampe Bogor, jalan pelan2 nyari pintu 1 tempat rombongan diturunin, rombongan yang naik bus udah pada sampe. Karena hari libur, jadi mobil gak boleh masuk. Akhirnya parkir di seberang. Masuk ke dalem, bayar 9500/orang. Rombongan duduk di deket danau gitu. Sampe sana Raf udah duduk manis di tiker. Pas dateng, yang lain udah mulai puji2an. Terus mama sama oma ke toilet dulu deh. Dari toilet, baru mau duduk dan dengerin firman, si bocah udah bosen duduk, jadi sibuk nanya mana lapangannya, udah mau lari2 sama main bola soalnya. Ya udah, akhirnya diajak deh jalan. Audrick ngikut di depan kita. Cari lapangan gak ketemu2, yang ada muter2 di pinggir danau, tersu ke jalan setapak, ada lapangan istana ditutup gak boleh lewat. Jalan ngelewatin pohon2 besar, Audrick sibuk jalan dan lari2 berdua sama Raf. Mamanya teriak2 terus soalnya takut bocah2 nyebrang jalan gak pake liat2, kan ada motor lewat soalnya. Mamanya fotonya kebanyakan ngambil dari belakang, soalnya gak keburu ngejar oi, larinya pada cepet2 banget.

Ketemu kayak ada lapangan gitu (masih banyak pohon2nya sih, tapi lumayan bisa main bola di situ). Habis main bola, balik lagi nyari jalan pulang. Audrick sok tau deh jalan di depan. Raf udah teriak2: Audrick kamu salah jalan. Raf bilang kita ada di lost woods, tapi dia hepi banget tuh, lari2 sama Audrick nyari jalan pulang. Sampe ke tempat rombongan, kebaktian udah selesai. Raf ganti baju dulu soalnya udah basah keringetan. Mereka (rombongan) lagi pada main (bola, bulutangkis, ada yang jalan2, duduk2 sama ngemil, dsb). Raf di bis cuma mau makan roti 1/4. Jadi mamanya suru dia duduk sambil makan mc donald sama kentang goreng. Cuma beberapa suap aja, udah gak mau lagi, karena mau main. Akhirnya main sama rombongan anak2, main bola. Terus ditanya mau jalan2 lagi gak, katanya mau biar kayak adventure lagi, hahaha……..Dikira kesasar di hutan itu adventure kayak di pelem2 kali ya…..

Oya, di Kebon raya nyamuknya gede2 dan buanyak, segede2 bagong kalo kata anak gw. Pendeta Sekolah Minggu lagi cerita, aduh ini nyamuknya di sini gede2. Langsung Raf nyautin: kayak bagong (gw langsung ketawa aja….). Sampe 2 kali lho….

Main Bola Bareng Audrick

Foto2 sekitar Kebun Raya

Tapi ternyata udah jamnya makan, dan kita disuru pada makan, dan Raf tentu aja gak mau, malah rewel minta ke Tajur aja. Mamanya bujukin, kasih mainan bb, minum susu kotak. Terus tanya mau main bola lagi gak, soalnya gak enak yang lain belum beranjak pergi. Katanya mau. Eh, baru main sebentar jatuh duduk kesandung bola. Langsung nangis deh……Terus maksa minta pulang aja. Y audah akhirnya mamanya bujukin ke Tajur aja ya…..anaknya mau untungnya, tapi minta gendong sampe mobil. Gempor deh. Sempet beli bengkuang di depan Kebun Raya. Terus nyebrang ke mobil. Di mobil, Raf digantiin baju lagi soalnya udah kotor banget kena tanah segala. Gak berapa lama langsung tidur. Sampe di tajur masih enak bisa milih tempat parkir. Dibangunin rada ngamuk juga, untung akhirnya mau. Langsung deh dengan bekal 4 lembar roti tawar dari rumah, keliling ngasih makan ikan. Tapi ikannya gak sebanyak dulu sih…….Habis selesai muter ngasih makan ikan, liat burung. Si bocah gak mau main di playground soalnya katanya udah pernah. Lagian rame, kotor, dan gak terawat sih mainannya.

Foto di restoran dan ngasih makan ikan

Habis itu liat2 toko mainan di samping toko tas, terus Raf sibuk nyariin Audrick. Ya belum datenglah, rombongan masih ke Kebon Raya soalnya. Jadilah Raf kita ajak ke Rumah Bermain di lantai 2. Oya, gw sama nyokap sempet beli es dawet 4000-an sambil ngeliat Raf kasih makan ikan di selokan. Terus ke Rumah Bermain di lantai 2, gak terlalu rame soalnya mainannya bayar, hahaha……yang gratisan di bawah yang rame. Tempatnya lumayan luas walaupun jenis mainannya gak banyak. Pertama main di tempat bola dulu, 8000 selama 15 menit.

Rumah Bola

Terus lanjut ke tempat main anak2 bayar 25 ribu main sepuasnya. Sebelumnya minum susu kotak dulu dan pipis di bawah. Pipisnya sama oma soalnya mamanya gak kepengen. Disuru tunggu di dalem sama oma gak mau, maunya di depan pintu WC aja. Pas oma keluar, anaknya udah gak ada. Langsung stress deh, dicari2 untung pake baju merah jadi keliatan. Ternyata dia udah on the way naik ke atas, udah di tangga no.2 aja. Pas ditanya kenapa gak tunggu, katanya soalnya WCnya bau dan jorok….

Raf main di sini ada kali 2 jam lebih, dan paling seneng main trampolin. Pertamanya pas masih sepi dan sendiri sih gak terlalu suka, tapi pas udah rame dan banyak yang main trampolin, dia keluar masuk di si ni terus, sampe basah kuyup bajunya kayak orang kesirem air, jadi digantiin lagi deh.

Favoritnya: main trampolin

Aneka permainan di rumah bermain

Tempatnya lumayan besar walaupun mainannya gak banyak

Capek nungguin main, mamanya makan bihun goreng, nasi, sama perkedel jagung sisa potluck tadi di pinggiran. Terus ieie dateng bawa belanjaan. Habis itu gantian Raf yang disuapin roti keju. Terus gantian oma yang makan. Habis itu naik kereta2an 8000 juga.

Naik Kereta sblm pulang

Terus pulang karena udah jam 4 sore. Sampe mobil, ganti baju semuanya (kaos terakhir nih…… yang dibawa….). Terus minum susu kotak lagi, dan bobo. Sebenernya mamanya juga ngantuk nih, untung ada ieie Susan di samping sama oma di belakang, jadi lumayan gak berasa banget. Jalanan macet berat, 2 jam baru sampe rumah. Pas udah mau turun tol si bocah bangun. Bisa dibayangkan kan di rumah dia seger banget. Abis mandi, baterei langsung ter charge penuh. Mamanya yang sudah capek banget gak bisa istirahat deh, mesti nemenin main, sempet tiduran gak nyampe 1 menit udah didatengin dan diketok2 pake balon ngajak main. Habis itu dikasih kertas gambar, baru lempengin kaki sedikit udah minta susu, bangun lagi deh…Sikatin gigi, ganti baju, terus dibiarin aja gambar2 sendiri di kasur. Sampe akhirnya tidur juga…. piuh……capek deh, mana besok masuk kantor lagi (gak cuti soalnya).

Tapi mamanya pede deh sekarang nyetir jauh2, walaupun cuapek banget kan soalnya beres2, nyetir, ngajak main, nyetir lagi, sampe rumah mesti on sampe si bocah bobo……tapi hepi aja soalnya bisa pergi sendiri. Jadi pengen setir sendiri ke Taman Safari libur kejepit tanggal 29 nanti, tapi maish mikir2 sih, kuat gak ya….

Raf kalo ditanya mau ke Kebon raya lagi gak, jawabnya gak mau!

Author: cruiseoflife

Hi there. I'm from Indonesia but now live quite far away from my home country. I love cooking for my family. I learned how to cook for the first time from my mom and I believe that mom's cooking is always the best, and I do hope that my son will feel the same too even though he grows up so fast. I love Indonesian food as I grew up with it, and I promise to myself that my son, although he doesn't live in Indonesia right now, will always like and enjoy authentic Indonesian food. I make this blog so that my family will always remember our togetherness and happy time that we had, are having, and will have when we eat together and have good memories about a mother's love through her dishes. Hopefully these recipes will help other people to make healthy home cooked dishes for their families.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s