Everyday Is A Miracle

Be happy and enjoy every single bite of it

Membuat daging burger

Leave a comment

Melihat kecintaan keluarga pada si roti bulet2 yang biasanya diisi daging ini, maka gw dari dulu kepengen banget bisa buat daging burger sendiri. Kalo rotinya sih ngimpi juga gak berani deh, kayaknya gw gak bakat di bidang per-roti-an, gak pede dan males karena takut gagal. Lagia rotinya tinggal beli yang Sari Roti punya aja kan, murah meriah enak…..

Nah, selama ini kan seringnya beli jadi dagingnya di supermarket, yang warnanya merah2 bulet2 itu lho…. Tapi gw gak gitu doyang karena menurut gw rasanya gak enak, gak berasa daging tapi berasa pengawet dan micin doang.

Jadilah gw berinisiatif pengen buat sendiri, karena takut dengan masalah kesehatan juga. Dulu pernah bikin dan gagal total, gara2 nyari2 resep dan sibuk combining sendiri, jadinya gatot alias gagal total, gak bisa dimakan sama sekali dagingnya. Terus kemaren ini gak tau kenapa iseng pengen nyoba lagi. Googling resep cari yang sesuai hati, akhirnya diputuskan untuk buat resep standar aja, alias yang bikinnya paling gampang supaya gak gagal lagi.

Beginilah jadinya:

1. Giling daging sapi has dalam (gw pakai kira2 1/4 kilogram) dengan sebutir telur

2. Potong halus 1 butir bawang bombay dan 6 siun bawag putih, tumis dengan mentega

3. Cara membuat tepung panir: panggang 2-3 lembar roti tawar dengan oven selama kira2 20 menit. Suhu oven sekitar 150 derajat dengan api atas bawah. Pastikan roti kering ketika keluar dari oven. Giling roti dengan blender sampai halus. Tada….jadilah si tepung panir.  Gw cuma tiba2 dapet inspirasi doang lho, rotinya kudu dipanggang pake oven. Karena gw gak mau pake panir beli jadi, suka bau apek.

4. Campur bahan 1,2,3 dengan 1/2 sendok teh pala atau lebih, garam, gula, merica. Aduk hingga rata dan uleni sebentar

5. Bentuk bulat, kemudian gepengkan. Kukus selama kurang lebih 30-45 menit. Grill/panggang di kompor dengan panggangan daging.

Untuk kejunya, selama ini kan gw pake Kraft slice. Cuma kok gak puas karena gak bisa meleleh bagus. Kemarin ini, pas ke Sogo iseng2 beli keju kuning chesdale. ternyata bisa meleleh bagus.

Kejunya tinggal ditari di antara roti dan daging yang baru dipanggang, tangkupkan rotinya, terus panggang lagi sebentar aja. Kejunya bisa meleleh bagus burger di restoran.

Oya, dagingnya empuk dan padet banget. Baunya begitu dicampur panir langsung berasa kayak burger restoran, walaupun soal rasa masih kalah lah yau…..kan gak pake micin dan perasa tambahan, tapi sehat kok…..dijamin

Penampakan si daging burger

Smoke Cheese Chesdale

Kejunya melelhnya bagus di antara roti dan daging. Ini versi standar kedoyanan Rafael, roti, mentega, daging, dan keju. Jangan coba-coba ditambahin apapun lagi (saos tomat, bawang, mayonais, timun, dll), bakal ditolak mentah2 deh

Author: cruiseoflife

Hi there. I'm from Indonesia but now live quite far away from my home country. I love cooking for my family. I learned how to cook for the first time from my mom and I believe that mom's cooking is always the best, and I do hope that my son will feel the same too even though he grows up so fast. I love Indonesian food as I grew up with it, and I promise to myself that my son, although he doesn't live in Indonesia right now, will always like and enjoy authentic Indonesian food. I make this blog so that my family will always remember our togetherness and happy time that we had, are having, and will have when we eat together and have good memories about a mother's love through her dishes. Hopefully these recipes will help other people to make healthy home cooked dishes for their families.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s