Everyday Is A Miracle

Be happy and enjoy every single bite of it

Singapore Science Center

Leave a comment

Day 9: Sunday, 8 May 2011

Setelah berbingung ria mau ke mana, akhirnya mamanya puny ide cemerlang pengen ke Singapore Science Center aja. Cek di website-nya, biaya masuknya 9 dollar dewasa dan 6 dollar anak2. Gak masuk ke snow city deh soalnya mahal dan gak pake nonton 3D takut anaknya gak suka dan waktunya gak keburu. Sebetulnya agak gak yakin juga sih mau ke sana, soalnya kan ada yang bilang cocoknya untuk anak yang udah besar karena kan isinya percobaan2 fisika, matermatika, pengetahuan tentang science, dsb. Terus nanti yang ieie Susan, oma, sama opa betah apa yah di sana. Cuma karena gak ada ide lain akhirnya ya udah deh pergi ke sini aja. Tadinya pikir mau ke IMM, sekalian orang dewasa bisa jalan2 di mall dan Rafel main, tapi karena belum lama ke sana dia gak mau. Mau ke Jacob Ballas Children Garden kok cuma begitu2 doang, agak2 males mana panas lagi.

Nyaris setengah 12  baru kita jalan, udah makan dulu di apartemen dan opa sama papa udah pulang dari gereja juga. Sebetulnya bisa naik bus dari depan Army (bus no.176) langsung turun di depan SSC. Tapi berhubung bocah cilik gak mau kalo gak bus tingkat, akhirnya kita nunggu taksi deh. Lumayan lama banget, mau pesen juga gak bisa2 ditelpon, sibuk banget nadanya. Akhirnya untung dapet juga. Si papa sama opa naik bus jadinya berhubung taksi gak muat. Murah padahal cuma 1 dollaran, bandingkan dengan naik taksi deh. Untung SSC ini deket banget sama Army ternyata. Naik taksi sekitar 9 dollar, dibagi 4 gak jauh bedalah sama naik bus, hihihi……

Menunggu taksi di depan Salvation Army

Begitu sampe foto2 dulu sebentar, dan karena di depan itu keliatan langsung tempat main airnya, si bocah udah mupeng kelas berat aja mau main air. Tapi karena masih panas, makanya kita bujukin dia masuk ke dalem dulu.

Foto di depan wahana air sebelum beli tiket masuk yang bikin si bocah kepingin nyemplung aja

Beli tiket, terus masuk deh. Di sini tangannya dicap, tapi capnya gak keliatan. Nanti kalau kita keluar mau makan dan mau masuk lagi, tinggal tempelin tangan di lampu dan capnya akan keliatan. Jadi tangan kita gak kotor kena cap.

Wahana pertama yang dimasukin adalah The Mind’s Eye. Isinya tentang berbagai macam hal yang dilihat mata yang sebetulnya kalau diperhatikan dengan betul2 sebetulnya berbeda. Misalnya gambar no.2 dari kiri atas, gambar kucing kalau kita berjalan maju seperti berlari, gambar jendela seperti terbuka dan tertutup. Di sebelahnya gambar buletan yang bisa muter2, sebelahnya lagi komputer yang bisa merubah2 penampilan kita jadi ghost, bajak laut, orang tua, dsb. Raf sampe ngakak2 di game ini, tiap orang disuru duduk sama dia terus dia yang pencetin tombolnya. Tapi dia sendiri gak mau duduk di situ. Terus ada meja buah2an yang bawahnya kaca, jadi kalo kita masuk dari belakang dan nongolin kepala dari situ, badan kita kayak ngilang gitu. Terus kedua dari bawah ada gambar orang yang bisa beda tua dan muda. Dan lain2 gw gak inget deh satu persatu.

The Mind’s Eye

Terus masuk ke World of Science. Di kiri atas itu ada boneka einstein di belakang anak gw (pakai baju hijau) lagi naik2 memanjat tali sampe tinggi ke atas. Di sebelahnya simulasi tornado, di sebelahnya lagi adalah frekuensi bunyi kalo gak salah. Sisanya gw gak inget lagi deh.

World of Science

Lanjut ke wahana ISpace, tentang teknologi gitu walaupun kita semua gak ada yang mudeng maksudnya apaan sih. Pertama nonton film yang gak asik banget, tentang teknologi masa depan, terus liat2 instalasi ini. Kayaknya maksudnya mungkin teknologi masa depan ya….

Habis itu ke wahana matematika. Di sini bisa belajar math dengan cara yang fun, salah satunya adalah main jackpot dengan mencocokkan gambar. Terus ada macem2 deh pokoknya diliat aja di fotonya, berhubung gw sibuk foto2 dan gak merhatiin satu2 keterangannya. Yang gw inget (entah kefoto apa gak): mainan telepon, menebak isi toples besar, triangle, timbangan, bola2, dsb pokoknya ruangan math ini emang besar banget cuma bentuknya berlorong2 gitu. Ada juga teater of solids, yang gambar burem no 3 dari kiri atas. Isinya bentuk2 prism dan ada film tentang bentuk2. Anak gw seneng banget di sini, gw bosen jadi langsung gw ajak keluar aja deh.

Dalemnya ternyata buesar banget dan isinya macem2, terbagi jadi 2 lantai dan terdiri dari tema2 tertentu. Semuanya seneng di sini, terutama karena ternyata SSC ini cocok buat segala macem usia. Bisa belajar sambil bermain. Sebenarnya di tiap atraksi ada penjelasannya, pake bahasa Inggris dan Malay, tapi gw gak sempet baca deh. Cici gw yang masih sempet baca2. Si bocah jangan ditanya deh, sibuk pencet sana sini, setiap ada yang menarik hatinya langsung disamperin dan direbut pengen main (kalau kita yang lagi pegang, kalau orang lain sih enggak). Map lengkapnya dan penjelasan detil mengenai masing2 atraksi ada di websitenya. Gak semua wahana sempet kita mainin, gak ada waktu soalnya. SSC ini tutup jam 6 sore, dan si bocah udah ngotot mau main air juga soalnya. Gw liat katanya ada tree house juga, tapi gak sempet deh ke sana. Kinetic Garden dan Eco Garden juga belum sempet disamperin, baru liat2 sepintad doang. Ditambah sampe jam 5 lewat masih panas aja udaranya, matahari masih terik banget. Tapi kalo pagi jam 7 pagi gw bangun kadang2 masih gelap, mungkin terbalik sama di Jakarta ya……….Gak semua wahana bisa gw foto, soalnya banyak yang lampunya remang2 dan anak gw gak bisa diem2 difoto juga. Beberapa yang kita masukin dan fotonya lumayan bagus lagi di bawah ini. Oya, ada pertunjukan api gak sempet nonton tapi malah nonton film tentang pesawat terbang yang membuat opa dan papanya si bocah tidur dengan sukses (gelap, dingin, sofanya empuk lagi, langsung deh mata tinggal 5 watt). Oya, foto2 ini in no particular orders ya, gw udah gak inget juga sih urutannya soalnya.

Robotics Learning Center, gak banyak tapinya, isinya robot2 kecil2. Terus ada permainan pencet2 gitu (gambar bawah) semacam piano, makin keras tekanan tangan kita maka lampunya akan naik makin tinggi

SOUND, ada segala hal tentang bunyi, mulai dari mukul gong, biacara dengan perantaraan balon, pasir berdansa, gambar atas kiri dan bawah tengah (pasirnya bisa buka tutup goyang2 ngikutin musiknya) dan masih banyak lagi

Gw lupa namanya, kayaknya sih Science For Children. Isinya semua hal2 yang sederhana tentang science untuk anak2. Tempatnya lumayan luas. Di kiri atas foto sama kerangka hewan laut. Di bawahnya ada kaca yang kalau dilihat dari arah sebaliknya bisa membuat kepala membesar, dan sebagainya gw lupa…..

Ini gw gak inget namanya apa, yang gw inget cuma ada eggs of Colombus. Di situ ada telur yang gede banget,terus di bawah kanan itu mainan mencocokkan bentuk dengan gambar di layar komputer. Cuma dikasih waktu 30 detik aza, dan gak sukses walaupun udah coba berkali2

Pas mau ke waterworks ketemu ini, namanya Marine Alcove. Isinya sih favoritnya Raf banget deh, yaitu kehidupan biota laut

Tadinya mau masuk ke tempat lain, tapi berhubung panggilan air lebih menggoda, jadinya foto aja di sini di bagian depannya, habis itu langsung mau main air

Habis itu makan di Mc Donald, dengan menu salah satunya kentang tabur seaweed yang enak juga kalo gw bilang ya…. Raf doyan tapi dikit2 seaweed-nya. Terus baru dengan perut kenyang main air deh. Area main air ini lumayan besar lho, jauh lebih luas dari yang di IMM dan sedikit lebih kecil dari yang di zoo. Sebetulnya areanya namanya How Water Works, dan ada penjelasan mengenai air. Tapi kayaknya gak ada yang tertarik deh, anak2 sih pasti pada langsung ngacir ke tempat mainnya.

Yang Raf paling suka adalah kolam bola, di sini ada bola2 dan ada tabung besar berisi pusaran air (kita masukkan bola dari atas terus bola akan mengikuti pusaran air sampai ke bawah. Terus ada kayak semacam 2 buah kawat bersisian, kita taruh bolanya di situ, dia akan jalan sepanjang kawat, terus ada pancuran air. Bola tersebut akan mengikuti pancuran air, terlempar ke atas, masuk ke dalam silinder, mengikuti pusaran air turun ke tengah2, di mana di situ sudah ada kawat melingkar yang akan membawa bola berjalan masuk ke dalam tabung yang lebih kecil, dan akhirnya keluar ke bawah. Yang seru mungkin melihat bola2 bisa loncat, berputar, turun ke bawah, dan sebagainya. Jadi anak2 pada seneng lama2 di sini.

Kolam Bola

Wahana lainnya ada banyak lagi, misalnya kotak telepon yang berisi pertanyaan zat apakah yang tergandung dalam air, begitu dibuka ada jawabannya dan ada suara bayi ketawa, pancuran air yang bisa menaikkan bola ke atas, pancuran raksasa yang harus diputar supaya airnya tumpah, jungkat jungkit untuk mengeluarkan air mancur, dsb masih banyak lagi.

How Water Works Play Area

Akhirnya pulang juga karena udah mau tutup, beberapa air udah dimatikan. Mandi dulu pake pancuran dingin di kamar mandinya. Pas pulang, lagi2 kita jadi penunggu taksi deh. Oya, masih terang banget ya, padahal udah setengah tujuan tuh kita pulangnya. Raf masih mau ke sini lagi katanya, buat main air lagi. Ya…h rugi kali main air aja bayar 9 dollar buat masuknya….

Menunggu taksi pulang

Author: cruiseoflife

Hi there. I'm from Indonesia but now live quite far away from my home country. I love cooking for my family. I learned how to cook for the first time from my mom and I believe that mom's cooking is always the best, and I do hope that my son will feel the same too even though he grows up so fast. I love Indonesian food as I grew up with it, and I promise to myself that my son, although he doesn't live in Indonesia right now, will always like and enjoy authentic Indonesian food. I make this blog so that my family will always remember our togetherness and happy time that we had, are having, and will have when we eat together and have good memories about a mother's love through her dishes. Hopefully these recipes will help other people to make healthy home cooked dishes for their families.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s