Hore!! Berhasil Bikin Zuppa Soup

Zuppa soup ini termasuk salah satu kedoyanan Rafael. Kalau lagi di kondangan pasti deh yang diincer sup ini duluan, mulai dari sup sama rotinya bisa abis 1 mangkok sendiri. Tapi memang pas kondangan itu gak semua supnya enak, ada juga sih yang menurut gw rasanya kurang enak. Terus karena Raf doyan banget akhirnya mamanya coba buatin deh. Pake puff pastry beli jadi aja, males kan bikin2 rotinya. Pede jaya aja pake resep hasil browsing di internet, terus mangkoknya karena gak punya juga pake seadanya aja, cuma mangkok stainless biasa aja. Ternyata hasilnya gak enak sodara2, supnya gak enak banget2 sampe si bocah gak mau makan dan cuma nyobain dikit doang. Tempatnya juga karena kecil dan bentuknya gak pas, makanya akhirnya juga jadinya gak menarik. Gw juga belum familiar sama cara2 pemanggangan rotinya, jadi rotinya sih so so aja, menurut gw rada gagal juga. Tapi si bocah mah emang demen rotinya, tetep aja abis digadoin rotinya doang. Jadi gagal deh percobaan pertama.

Sekian lama malas mencoba, akhirnya waktu itu cobain yang pizza hut punya, mumpung ada promosi juga. Menurut gw yang Pizza Hut punya yang enak rotinya ya, supnya sih biasa aja, encer banget air doang kebanyakan, isinya jamur sedikit doang sama apa gak jelas. Gak memuaskan dan muahal deh pokoknya. Terus akhirnya mamanya terinspirasi untuk coba2 buat lagi. Cari2 resep di internet enggak ada yang memuaskan, resepnya mirip2 sama yang pernah dibuat dulu dan mamanya gak yakin rasanya bakalan sedap. Akhirnya coba browsing resep2 luar negeri gimana sih cara bikin cream soup yang bener. Bedanya kalau di resep sini kan pake susu bubuk atau susu cair, sedangkan kalau di luar mereka pakainya cream. Nah, ini nih kayaknya yang bikin beda, sepertinya emang gak bisa pake UHT biasa, harus pake cooking cream. Ketemu deh bedanya. Terus ada beberapa cara masak lagi yang beda, bikin mamanya makin mantab deh mau nyobain bikin sendiri. Si bocah pas tau mamanya mau bikinin sia zuppa soup seneng banget, terus sama2 kita hunting ke mall beli bahan2nya. Cooking cream adanya yang besar yang isi 1 L, jadi akhirnya beli yang kecil aja deh yang whipping cream liquid yang elle&wire, kotak paling kecil harganya 19 ribuan. Sisa creamnya mau bikin fetuccini carbonara sama lasagna aja deh (blom kesampean sampe sekarang).

Di supermarket mamanya tadinya mau beli mangkok yang dari alumunium foil aja, yang abis pake buang, tapi si bocah ngotot pengen mangkok yang kayak di restoran sama kondangan itu, yang ada gagangnya. Akhirnya beli cangkir besar yang ada gagangnya, harganya 36 ribuan (tadinya kan mau hemat beli yang murah aja, apa daya si bocah gak mau, hehehe……maunya gaya bener). Sampe rumah si bocah tidur and mamanya langsung masuk dapur deh. Setelah berdoa dulu semoga hasilnya memuaskan, akhirnya dapet inspirasi deh cara masaknya mau kayak gimana. Cara masaknya ini ala mamanya aja deh, dengan wangsit yang tiba2 dapet dadakan, gak kayak yang biasa ada di resep2 pada umumnya. Oya, supaya kenyang supnya gw isi pake isi macem2, jadi gak ayam dan jamur aja

I. Buat sup beningnya dulu

Bahan:

  1. satu buah kentang ukuran kecil potong kotak2 kecil2
  2. satu buah wortel import (rasa lebih manis sehingga kuahnya juga enak) potong kotak2 kecil2
  3. delapan butir jamur kalengan iris tipis2
  4. seledri potong kecil2
  5. fillet ayam 2 lembar potong kotak2
  6. empat sampai lima mug air
  7. bumbu-bumbu: garam, gula, pala bubuk, kecap asin

Cara membuat:

  1. Didihkan air dalam panci, masukkan ayam, tunggu sampai ayam empuk
  2. Masukkan kentang dan wortel
  3. Masukkan jamur iris, beri bumbu2
  4. Keluarkan ayamnya, suir kecil2 dan tipis, masukkan kembali ke panci
  5. Setelah semua matang, masukkan seledri, tunggu sebentar, matikan kompor
  6. Pisahkan kuah sup dari isinya
  7. Kenapa gw membuat supnya dulu, ialah untuk memastikan semua isinya matang dan empuk dan kuahnya gurih. Soalnya kalau dimasak setelah terigu dan cream dimasukkan, gw takutnya nanti supnya sudah mengental duluan dan harus tambah2 air terus untuk mengempukkan isinya (anak gw agak males ngunyah yang gak terlalu lembut soalnya), lagipula kuahnya akan jauh lebih enak kalau ayam, wortel, dan seledri dimasak bersamaan dulu. Pastikan supnya sudah enak dan gurih ya…… baru kita buat cream soupnya

II. Buat cream soup

Bahan:

  1. Mentega/margarin
  2. Bawang bombay dan bawang putih iris kotak2 kecil2
  3. Empat sendok teh penuh tepung terigu
  4. Cooking cream

Cara membuat:

  1. Lelehkan margarine, tumis bawang bombay, kemudian bawang putih sampai harum
  2. Kecilkan api, masukkan terigu dan aduk cepat sampai berbutir2
  3. Masukkan cream kira2 5 sendok teh, aduk cepat, masukkan kuah sup perlahan2, aduk terus sampai menyatu dengan terigu dan kuahnya halus
  4. Koreksi rasa, jika kurang creamy tambahkan creamnya sampai rasanya pas
  5. Jika sudah pas rasanya, masukkan isi sup, tunggu sampai mendidih

 

III. Buat zuppa soup

Bahan:

  1. Kuning telur
  2. Puff pastry sipa pakai, letakkan potong kira2 1-2 centi lebih besar dari diamater mangkok

Cara membuat:

  1. Isi sup hanya kira2 ¾ mangkok, jangan terlalu penuh nanti roti tidak mengembang
  2. Tutup dengan puff pastry
  3. Olesi puff pastry dengan kuning telur
  4. Panggang dengan api atas bawah 200 derajat celcius selama 30 menit

Rasanya, tob bgt bangt!!! Supnya enak banget, rotinya juga enak. Dengan porsi itu jadi 2 mangkok zuppa soup, dan 1 mangkok lagi gw makan pake croutons yang Harvest punya. Berhasil deh pokoknya. Supnya juga panas terus dari pertama makan sampe terakhir, jadi Raf gak bisa makan sendiri, karena panas banget. Sampe monyong denh bibir gw tiup2in supnya. Tapi memuaskan deh, enak banget. Bikin lagi? Kalo gak males, hahaha……

 

Cream soup di kompor, masih meletup letup

Penampakan cream soup di mangkok baru, cukup isi 3/4 saja supaya roti mengembang

Tutup dengan adonan puff pastry dan lumuri dengan kuning telur

Penampakan setelah keluar dari oven

Siap dimakan

Soup bisa dimakan dengan croutons

Categories: All About Food | 11 Comments

Post navigation

11 thoughts on “Hore!! Berhasil Bikin Zuppa Soup

  1. Selamat ya..

    Ingin trik lain, resep menu masakan enak.. Saya sharing di sini:
    http://catering-murah.web.id/catering

    Salam kenal ya.. Blognya bagus banget.

  2. mau tanya, ada gk ya cara bikin oven alternatif gt misal gk punya oven?

    • Halo Mbak, wah kalau bikin oven alternatif saya terus terang gak tau nih, maap yaaa gak bisa bantu. Tapi alternatif lain bisa dimakan pake croutons, yang cara bikinnya gak usah pakai oven (saya pernah posting juga resepnya di sini).

  3. nunik

    Cooking cream ny beli dmn mb? Kl g pake itu bs g? Tq

    • Cooking cream bisa beli di supermarket banyak kok, mereknya juga macem2. Kayak carrefour or Diamond gitu ada. Kalau gak pakai cooking cream bisa diganti dengan fresh milk plain (misal merek ultra yang susu putihnya).

  4. lilik a widyastuti

    kadang kulit puff nya kok nyemplung masuk ke dalam mangkuk ya…saat di oven, pdhal sdh dilebihin 1,5 cm dari diameter mangkoknya loh…..apa perlu dioles apa gtu antara mangok dan kulitnya ?….mohon tips nya ya

    • Wah, terus terang saya selama baking sih kulitnya gak pernah nyemplung ya….
      Oya sebelumnya kulitnya homemada atau beli jadi? Kalau homemade kemungkinan pada saat pembuatannya ada step yg kurang tepat shg kulit pastry gak bisa naik.
      Kalau beli jadi, perhatikan penyimpanannya, kulit jangan dilipat selama di kulkas, terus sebelum dipakai keluarkan dulu supaya gak basah atau beruap, kalau perlu dilap dulu dengan kain bersih. Oles dengan kuning telur bagian atas dan samping untuk merekatkan, dan coba deh isi mangkoknya maksimal setengah aja.
      Oya, untuk kulit pastri beli jadi, yg dipakai harus bagian yg masih lurus dan mulus, jangan yg pinggiran sisa terus diadon jadi satu lagi, nah itu juga biasanya gak bisa naik saat dipanggang.

  5. Riyos

    Terima kasih untuk tutorial nya

  6. Rusmalina ina

    Baru mau coba bikin nih…. Secara anak saya ribut terus nyuruh mamanya bikin zuppz soup sendiri…. Kira2 kalo di microwave aja puff pastrynya bisa ngembang ngga yah..??

    • Hai salam kenal. Kalau pakai microwave kayaknya gak bisa ngembang deh pastrinya, kecuali pakai microwave yang bisa buat bake juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 33 other followers

%d bloggers like this: