Everyday Is A Miracle

Be happy and enjoy every single bite of it

Hongkong Trip 7-12 Desember 2010

10 Comments

(The English Version for our Hongkong holiday can be found at the next posts)

Akhirnya jadi juga trip kita ke Hongkong selama 5 hari. Diawali dengan stress karena pas gw di Sing ternyata pesawat gw Mandala dicancel, untung akhirnya masih dapet China Airline pp walaupun mahal jatohnya. Rata2 penerbangan penuh, jadi waktu gw book pesawat ini sehari sebelum D-day gw bersyukur banget masih bisa dapet seat. Ditambah dengan si brengsek Mandala yang belum bersedia mengembalikan uang gw sebesar 9 juta sampai dengan hari ini, lengkaplah sudah kesetresanku sebelum berangkat. Overall China Airline oke banget lho, pesawatnya besar, entertainmentnya oke, tempat duduk dan jarak kakinya lebar jadi gak bikin kaki sakit, pantat gak pegel juga soalnya kursinya empuk. Anak gw juga enjoy banget nonton sama dengerin lagu2 di pesawat. Totel tiket pp sekitar 1700 dollar-an, kalo dirupiahin jadi 15 juta-an. Itu harga beli mepet lho sehari sebelum berangkat dan harga anak2 emang lebih murah sedikit.

Gayanya di pesawat

Oya, sebelum berangkat ke HK, ini nih peta jalur MTR yang berguna banget untuk dipelajari dulu, walaupun nanti di airport waktu beli Octopus Card tetep ambil lagi ya.

Day 1: 7 Desember 2010

Tiba di bandara Hongkong. Confirm tiket China Airlines dan booking seat untuk pulangnya. Beli Octopus Card, ambil peta jalur MTR dan peta Hongkong. Octopus Card harganya 150 dollar adult dan 75 dollar child (100 dollar buat deposit). Nanti semuanya akan dikembalikan dengan dipotong 7 dollar.

Ke hotel naik taksi. Kita nginep di Hotel Panda di daerah Tsuen Wan. HK ini terdiri dari 3 area, yaitu Hongkong (Kowloon), Lantau Island, dan New Territories. KIta pilih di Tsuen Wan di New Territories soalnya harganya relatif lebih murah, karena agak jauh dari pusat kota, tapi akses ke MRT dan bus gampang. Lagipula baca di internet juga rata2 recommend hotel ini. Kalau mau yang lebih deket ke kota (Central) lebih baik ambil di HK island aja. Booking hotel ini dari Agoda, kalau mau liat review lengkapnya ada di situ. Harga per malam sudah termasuk extra bed 1 adalah 800 ribu. Untuk ukuran HK ini termasuk murah lho, padahal kamarnya kecil banget (tapi bersih kok). Memang rata2 hotel di HK kamarnya kecil2, kecuali yang bintang 5 tapi harganya juga setinggi bintang di langit. Hotel Panda ini dalemnya ternyata besar, kamarnya banyak, dan dari pagi sampe pagi lagi selalu ramai banget orang2 keluar masuk. Di bawahnya ada kayak mini mall gitu, dan di pinggir2nya ada toko2, pasar, apartemen, dan rumah sakit. Naik taksi dari airport ke hotel habis sekitar 200 HK dollar. Oya, kalau mau naik taksi ke hotel dari airport, jangan lupa print nama hotel dalam tulisan Mandarin ya (bisa diambil dari web sitenya), karena rata2 supir taksi gak ngerti nama hotelnya kecuali kita sodorin tulisan Mandarinnya, ini berlaku untuk semua hotel untuk amannya.

Oya, kenapa kita gak ikut tur, karena gw bawa anak kecil yang jam perginya harus ngikutin jamnya dia kan (bangun, mandi, makan, istirahat, dsb). dan gw baca dan dapet referensi katanya kalo pergi sendiri gampang kok, petunjuk jalan banyak dan gak bakal nyasar. Lagian kalo ikut tur gak bisa pergi ke tempat2 yang kita suka semua, ada trade off-nya pasti. And believe me, jalan sendiri itu gampang banget kok, sumpah lebih gampang daripada MRT di Singapore yang gw masih bingung aje sampe sekarang. Semua petunjuk jalan, keluar masuk MRT, bus, tempat wisata, jelas sekali. Apalagi kalo sebelumnya udah cari tau dan print itinerary dari internet.

Dari hotel kita ke The Peak. The Peak ini tempat lihat pemandangan HK dari atas gedung tinggi. Nanti akan keliatan gunung2 dan gedung2 dari ketinggian.  Caranya, dari Panda Hotel ke Tai Wo Hau MTR Station. Jalan kaki yang lumayan jauh tentunya. Caranya: dari lobby hotel jalan ke arah pintu keluar di arah belakang. Terus ikutin aja footbridge ke arah kanan, kanan lagi, turun ke bawah. Jalan lurus sampai ke stasiun yang adanya di bawah tanah. Cari jalur kereta kea rah Central. Turun kereta api di Central (lumayan jauh soalnya dari ujung ke ujung). Keluar dari Central di pintu Exit J2. Jalan ke arah taman besar gitu, ada kolam di bawahnya.

Kalo pegel duduk2 dulu sambil foto2. Berhubung anak gw tidur, jadinya duduk doang gak foto2. Terus nyebrang jalan (cari aja petunjuk jalan yang ke The Peak, bertebaran di sepanjang jalan kok). Habis nyebrang jalan naik ke atas lumayan jauh, cari tanda Peak Tram di sebelah kiri. Nyebrang lagi, masuk ke dalem dengan beli karcis dulu. Gw lupa harga karcisnya, kalo gak salah naik tram PP dan masuk ke sky terrace adult 54 dan child 36.

Tiket The Peak (yang bawah)

Terus antri deh naik tram ke atas. Jalan naiknya terjal sekali, ada kali lebih dari 45 derajat menukik naik. Di tengah jalan brenti buat foto (bikin orang deg2an kirain mogok). Naik dan turun sama2 antri ajubilah. Masuk ke mall, foto sama ikon nutrcracker (Christmas theme). Naik ke sky terrace di lantai paling atas. Dari sini bisa melihat Hongkong di malam hari. Udaranya cukup dingin di bulan Desember ini, ditambah anginnya juga kenceng banget. Foto2 sebentar, turun ke bawah. Di lantai berapa gw lupa, keluar mall ke arah belakang, nyebrang ke Peak Galleria. Di sini bisa foto2, terus main di playgroundnnya. Tapi karena dingin banget dan mamanya lupa bawa sarung tangan, akhirnya si bocah cuma sebentar doang mainnya. Pulang balik ke hotel .

Ngaso dulu di depan stasiun Central

Ketiduran di MTR, digendong pulang menuju hotel

Udah bangun, jalan di footbridge menuju hotel

Terus anak gw minta naik bus tingkat, hobinya sejak dari Singapore. Jadilah capek2 kita naik bus tingkat. Terus beli makan di bawah hotel, agak nyebrang sedikit kea rah Baker House, di sebelahnya ada resto yang ada gambar makannnya, kalo yang sebelahnya lagi gak ada. Jadi karena pelayannya gak bisa Inggris dan kita gak bisa baca bahasanya, maka Chinese food ini nyaris jadi pilihan makan kita tiap malam. Harganya berkisar di 39 dollar seporsi, beli aja 3 macam lauk tambah nasi buat makan rame2. Kalo mie lebih murah, 25 dollaran.

 

 

Day 2: 8 Desember 2010

Siap2 ke Disneyland. Naik MTR ke Lai King, pindah MTR Tung Chung Line terus turun di Sunny Bay. Dari Sunny Bay ada MTR khusus Disney yang akan membawa kita ke Disneyland. Lebih baik beli tiket online, yang bisa ditukarkan di ticket booth di Disneyland. Kalau enggak beli di Tsim Sha Tsui, ada toko kecil di sebelah kiri sebelum masuk ke waterfront. Atau beli langsung di Disneyland juga bisa. Dewasa 350 dan anak2 250 harganya, Hongkong dollars tentunya. Makanan di sini mahal2 banget, apalagi air minum. Jadi kalo bisa nyelipin makanan dan minuman di jaket atau pinggir2 tas lebih baik dilakukan, daripada gigit jari saking mahalnya food and drink di situ. Malemnya pulang, tentunya si bocah minta naik bus tingkat lagi. Sampe 3 kali gara2 nyasar. Tapi kita ketemu tempat makan pinggiran lain deket Mc D yang ada bahasa inggrisnya. Harga makanan seporsi mulai 23 dollar sampe 40 dollar.

Disneyland Tickets

Day 3: 9 Desember 2010

Pagi2 nyokap dan papanya Raf jalan2 ke Street Market Tsuen Wan. Beli bubur buat makan pagi. Seporsi harganya 28 dollar. Terus kesiangan bangun jadinya batal ke Ocean Park. Kita ke Snoopy World dulu. Snoopy World ini adanya di New Town Plaza. Caranya, naik kereta kea rah Central, tapi turun di Prince Edward. Terus pindah jalur ke Kowloon Tong. Di Kowloon Tong ini ada Festival Walk Mall yang ada Toy’s R Us besar banget. Cuma gw gak ke sini. Terus ganti kereta lagi yang arah Lo Wu tapi turun di Shatin. Dari sini keluar ada di atasnya stasiun ada mall namanya Citihall kalo gak salah, jalan ke arah kiri, ada pintu tembus ke New Town Plaza. Nah, Snoopy World ini adanya di Level 3 Podium New Town Plaza. Isinya tentu saja si Snoopy dan kawan2nya si Charlie Brown, dan ada play ground juga. Semuanya gratisan. Kecuali naik kapal kecilnya harus belanja dulu sejumlah berapapun di mallnya, terus struknya bisa dituker naik kapal. Kalo gak bawa anak kecil mending gak usah disamperin, gak ada gunanya buat turis dewasa, tapi kalo buat anak2 hepi deh mainnya. Apalagi anak gw, susah bener disuru brentinya.

Habis itu ke Toy’s r Us beli mainan, makan di restoran yang mahal banget (200 dollar buat semangkuk kecil fish soup buat Rafel, 3 mangkok nasi kecil, 1 porsi kwetiau, dan 3 potong mini sayur balut asparagus). Terus ke level 7 buat liat roof top gardennya yang nuansanya lagi salju2an gitu.

Mainan segede gaban yang diberli di toys r us, gak dapet plastik soalnya mesti bayar lagi

Pulangnya kita mau nonton Symphoni of Lights. Caranya, balik lagi naik kereta kea rah Central turun di Tsim Sha Tsui. Caria rah keluar ke Avenue of Stars. Terus aja ikutin petunjuk jalannya sampai keluar ke jalan raya, terus dari situ ada penunjuk jalannya lagi kok. Di sini jam 8 malam ada pertunjukan musik dan lampu2 dari gedung-gedung.

 

Habis dari situ, lagi2 pulang naik bus tingkat 2 kali, nyambung naik MTR, baru ke hotel. Di sini Raf maunya naik bis tingkat minimal sehari 2 kali, hehehe…….

Day 4: 10 Desember 2010

Hari ini jadwalnya ke Ocean Park, naik MTR ke Admiralty. Keluar di Exit B yang ada tulisannya Bus to Ocean Park, belok kiri di pintu keluar langsung terlihat loket kecil tempat kita beli tiket bus dan tiket Ocean Park. Busnya no 629, tapi jangan takut salah, soalnya tempat nunggunya tepat di samping si loket kok. Harga tiket bus 10,6 dewasa dan 5,3 child. Langsung beli PP aja, atau pakai Octopus Card juga bisa. Tiket masuk park 250 adult dan 125 child. Gak boleh bawa makanan dan minuman, tapi roti2 gw masukin ke kantong jaket, pinggiran tas, demikian juga dengan minuman, plus bawa 1 botol minum anak ini boleh masuk kok. Turun dari bus foto2 dulu di pinggir laut Aberdeen yang keliatan dari pemberhentian bus.

Tiket dan peta Ocean Park

Gw rasa harga segitu worthed kok, karena semua wahana udah gratis boleh naik. Kalau rombongan gw udah pasti tempat ikan2 dimasukin sampe 2 kali, karena si bocah kan hobi ngeliat ikan, naik cable car yang puanjang banget, naik carousel dan merry go round, liat burunng, panda, balon2 udara, pertunjukan lumba2, kereta dan ferris wheel mini, main di playground yang bagus dan banyak mainannya. Plus foto2 di sepanjang jalan yang bagus banget. Plus ada lagi mainan dewasa yang gw gak lirik samsek kayak kora2, ferris wheel, menara, niagara, dll deh banyak banget gw lupa apaan.

Terus kontur daerahnya di sini naik turun, pertama aja naik escalator tinggi sampe 4 kali. Pulangnya anak gw minta gendong (bayangin deh, naik turun undakan dan nurunin escalator sambil gendong anak berjaket berat. Terus naik bus pulangnya sebaiknya di tempat yang sama, jangan dari pintu keluar di seberang pulau. Karena lebih rame dan antriannya panjang banget. Kalau di tempat awal kan bisnya memang bermula dari situ, jadi pasti gak terlalu ngantri dan dapet duduk. Busnya bus tingkat, jadi pas deh naik 2 kali hari ini. Oya, jam 6-an Oecan Park udah tutup dan jam 7 adalah bus terakhir.

Kalau masih punya tenaga boleh sambung ke Ladies Market, caranya naik MTR dari Admiralty turun di Mongkok, exit D3, terus ikutin aja petunjuk jalannya. Gw gak ke sini, gak cocok deh belanja sambil bawa anak kecil.

Rafel di bus langsung tidur, kecapekan kali ya….

Day 5: 11 Desember 2010

Hari ini jadwalnya ke Macau, naik MTR ke Tsim Sha Tsui, cari aja pintu exit yang ada tulisannya China Ferry Terminal. Begitu keluar langsung belok kanan puter terus kanan lagi (jangan keluar dari tortoarnya). Jalan sampe mentok, belok kanan lagi. Jalan lagi sampe ujung, nyebrang diagonal ke arah kiri. Masuk ke dalam mall. Turun ke bawah. Ikut petunjuk departure ferry. Di sini gak ada pemeriksaan tas kok, jadi tenang aja. Gw naik kapal First Ferry, total tiket 598 kalo gak salah. Kapalnya oleng banget ya, soalnya ombaknya kenceng. Kita semua pada pusing dan mual kecuali anak gw yang masih hepi2 aja tuh.

Semua pada pusing kecuali Rafel yang tetep cuek ngegeratak

Sampe di Macau antri imigrasi ajubileh panjangnya. Beli tiket pulang dulu, kali ini mau nyoba turbojet, total tiket 600an dollar. Terus keluar cari shuttle bus ke Venetian. Jalan lumayan jauh sambil foto2 dan melewati jembatan dan laut. Sampe Venetian makan di foodcourt, terus jalan2 sebentar, keluar lagi naik bus 10A ke Senato. Cuma sebentar di sini soalnya udha malem dan rame banget. Pulang naik bus 10B. Sempet beli egg tart di koi kei, tapi menurut kita gak terlalu enak, biasa aja rasanya.

Pulang naik turbo jet enak bener deh. Jalannya mulus gak terasa goncangan. Perjuangan naik turbo jet ini ada ceritanya sendiri. Jadi kita mau percepat waktu kepulangan, dan harus antri lumayan panjang di stand by line procedure. Tapi berhubung tiap 15 menit ni kapal berlabuh, kita langsung pindah ke antrian 15 menit berikutnya yang lebih pendek, dan dapet di urutan ke 4.

Bete nunggu papa di stand by line. mainan apa aja yang bisa dimainin

Egg Tart Legendaris yang cuma dimakan pinggirnya doang ama si bocah di pelabuhan

Turun di Sheung Wan, sebetulnya tinggal naik MTR ke Central, terus ganti MTR yang ke Tai Wo Hau. Apa daya anak gw minta naik bus tingkat lagi. Alhasil sampe jam 12an baru nyampe hotel lagi, tapi itupun di stasiun MTR masih rame banget lho. Pulang hotel langsung makan terus beres2 buat pulang.

Naik turbojet yang nyaman sambil makan eggtart

Day 6: 12 Desember 2010

Bangun kesiangan gara2 ngantuk dan capek banget. Mama sama papanya Raf ke pasar dulu beli babi panggang sama bubur. Babi panggang buat dibawa pulang tentunya. Sampe sini belum beli oleh2 satupun. Jadi jam 10.30 an turun jalan2 kilat di plasa panda, mampir ke jusco dan toko makanan sama 7 eleven, borong2, cepet2 balik ke kamar, beres2 koper lagi, terus check out and ke airport. Naik taksi dari dan ke airport kira2 200 dollar. Airport Hongkong ini gede banget deh, sampe pusing gw liat orang seliweran di sana sini. Lebih besar dari Singapore kayaknya. Kita makan di foodcourt bawah, harganya malahan lebih murah dibanding makan di deket hotel. Apalagi di Macau yang ajubileh mahal dan gak enaknya deh. Ini orang2nya juga masih lebih ramah2 daripada di Macau. Masuk pemeriksaan tas, gw piker masih boleh bawa air minum kayak di Sing terus di dalem baru dicek lagi. Ternyata dari depan udah gak boleh. Jadi air minum di botol Raf dibuang, tapi susu kotak sama air minum di tas2 lainnya malahan gak ketawan. Emang rame banget sih ya, tapi petugasnya gak sejutek di Sing. Eh, tapi di Sing terakhir gw pergi petugasnya ada yang ramah lho (asal bukan orang India deh), minta2 maaf karena kita kelamaan nunggu di antrian-padahal menurut gw enggak juga sih.

Makan di airport

Beberapa oleh2 hasil belanja kilat

Terus antri imigrasi, cari playground buat Raf main. Playground ada di Gate 23, deket sama gate kita yang 31. Tapi gak ada perusutannya, untung Raf ada temen main anak Filipin. Mereka berdua ngomong pake bahasa inggris. Mereka main aja berdua sambil liat2in pesawat yang parkir di dekat jendela besar. Lalu pulang deh kita naik China Airlines. Sampai di Jakarta ngantri bagasi sama cek bagasi keluar. Senangnya sampai di rumah lagi.

Other:

Selama di sini, Rafel gak tidur siang lho, tidurnya pasti kalo udah perjalanan pulang di MTR atau bus atau minta gendong capek terus tidur. Tidurnya juga gak lama2 banget, palingan Cuma sejam, tapi itu cukup merecharge batere dia sampe jam 12 malem, jam 1, bahkan jam 2 pagi baru tidur lagi.

MTR Hongkong gampang banget kok (menurut gw lho ya). Mending jalan sendiri daripada ikut tur mahal. Yang penting pelajari dulu petanya di Jakarta, nanti udah gampang kok di sananya. Jelas banget. Exit di mana2 juga jelas petunjuknya. Naik bus juga gampang, petunjuk dan harganya jelas. Bus di sini flat fare, cukup sekali tapping kartunya, turunnya gak usah.

Oya, Raf bisa lho tap kartu MTR sendiri, terus jalan lenggang kangkung ke depan sendiri. Naik bus juga bisa tap kartu sendiri.

Tai Wo Hau MTR Station

Author: cruiseoflife

Hi there. I'm from Indonesia but now live quite far away from my home country. I love cooking for my family. I learned how to cook for the first time from my mom and I believe that mom's cooking is always the best, and I do hope that my son will feel the same too even though he grows up so fast. I love Indonesian food as I grew up with it, and I promise to myself that my son, although he doesn't live in Indonesia right now, will always like and enjoy authentic Indonesian food. I make this blog so that my family will always remember our togetherness and happy time that we had, are having, and will have when we eat together and have good memories about a mother's love through her dishes. Hopefully these recipes will help other people to make healthy home cooked dishes for their families.

10 thoughts on “Hongkong Trip 7-12 Desember 2010

  1. Dear mama Raf,
    Thanks banget buat tulisannya ini, jadi menginspirasi utk jalan ke Hongkong hehehe. Kebetulan saya ada rencana bawa anak2 ke sana juga. Namun boleh tau ngga mengenai air minum disana gmn ya? Apakah hrs beli di minimarket? Atau bisa ambil sembarang air di jalan maupun di kran hotel. Krn setau saya seperti di singapore, air krannya layak minum. Kalo hrs beli di mini market, boleh tau harganya berapa an ya? Mohon infonya.. Thx banget mama Raf

    • Halo juga, sebelum berangkat aku juga udah survey2 di internet katanya air minum bisa diambil di jalan atau di hotel. Malah katanya di Disneyland juga ada keran2 air untuk minum. Cuma memang waktu itu gak percaya 100 persen deh, jadinya buat Raf aku bawa air mineral maasukin ke bagasi. Soalnya denger2 juga katanya air minum di sana mahal banget. Dan waktu sampe di sana kita juga gak berani minum air dari keran, jadinya air keran kita masak lagi pake teko pemanas air yang disediakan hotel. Tapi buat Raf aku tetep pake air mineral, bukan air masak, soalnya takut dia sakit kan repot. Terus di Disneyland aku juga cari2 keran air kok gak nemu ya, demikian juga di tempat2 wisata lain aku gak nemu juga. Terus beli air di sana juga mahal banget, di Disneyland sekitar 18 sampe 22 HK dollar, di luaran harganya juga di atas 10 tapi aku lupa berapa, itu ukuran standar lho ya. Di airport mungkin ada, tapi sekali lagi aku gak nemu juga. So, air di HK emang terkenal mahal kalo diitung rupiah, lebih murah beli juice dan soda. Semoga membantu penjelasanku, kalo ada yg mau ditanya lagi silakan aja ya dengan senang hati.

  2. Dear mama raf, thx for the nice field reportnya. Oia aq mau nanya untuk memastikan. Waktu itu boleh ya bawa air mineral di bagasi? Apakah tidak disita saat keluar airport hkia? Aq rencananya juga mau bawa banyak air mineral di bagasi dan tujuan ke hk juga.

    • Hai, salam kenal ya…. Waktu itu sih gak ada pemeriksaan waktu keluar dari airport hongkong, jadi kita bisa langsung keluar.
      Cuma nanti waktu kembali atau masuk ke airport hongkong, setelah imigrasi sudah ada pemeriksaan tas dan gak boleh bawa air minum. Beda sama airport singapore setelah imigrasi msh boleh bawa air.
      Have fun ya jalan2nya…..

  3. Thx alot for quick reply mama raf. Oh gitu ya. Saya takutnya ada pemeriksaan oleh pihak custom pas stlh proses baggage claim. Nah percuma kl tiba2 disuruh buang hehe, udah belain pk bagasi krn mo bw air, maklum pengiritan mom. Btw waktu itu bw air mineral banyak gak mom? Thx ya replynya🙂

    • Setau saya sih kalo bawa air minum gak masalah kok walapun ada pemeriksaan custom juga. Cuma saya gak bawa banyak banget sih waktu itu karena berat2in koper, hehehe….. Akhirnya mama saya waktu itu masak air minum di hotel aja pakai ketel yg buat bikin air panas itu, terus didinginin di botol2 air, lebih praktis juga lho biar bawaan gak terlalu berat. Dan jangan kuatir, air keran di sana bersih kok cuma buat jaga2 tetep dimasak dulu aja. Memang air minum di sana lumayan mahal sih.
      Justru yg kadang agak ribet tuh pemeriksaan custom di indonesia, ada beberapa item yg kadang bakal ditanya sama petugas di sini kayak buah, seafood, susu cair, cairan, dll. Nah mensiasatinya tuh saya biasanya pisah2 di koper bawanya, jadi makanan dan minuman gak dijadikan satu.
      Semoga membantu ya….

  4. Enk tinggal d hk q jdi pengen tinggal d sini selamanya
    Bakalan kngn ma tsuen wan, mongkok,central,lantaun,jordan,kowlon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s