Everyday Is A Miracle

Be happy and enjoy every single bite of it

Tumis Kangkung dan Tahu Goreng Tepung

Leave a comment

Salah satu makanan favorit bangsa Indonesia pastilah kangkung, murah meriah gampang cara bikinnya, dan yang pasti enak. Cuma satu gak enaknya, kalo lagi gak ada maid kayak sekarang ini, males metikin daunnya sama nyucinya (bersihinnya mesti berkali – kali kan soalnya karena banyak tanah yang nempel).

Kangkung resep gw ini dijamin enak dan rasanya gak kalah sama masakan resto Chinese food. Makanya kita kalau ke mana2 jarang banget pesen kangkung, soalnya hasil masakan di rumah lebih endang sih rasanya. Plus lagi udangnya kan gak pelit, mau kasih berapa banyak juga terserah yang masak kan…..

Ini dia resepnya:

  1. Lima ikat kangkung
  2. Udang buang kulitnya kerat pinggirnya
  3. 5 siung bawang putih cincang halus
  4. Cabai merah iris serong
  5. 1 buah tomat potong memanjang
  6. Saus tiram
  7. Kecap ikan
  8. Kecap Asin
  9. Ang Ciu

10.  Gula, merica

Cara memasak:

  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih, cabai merah, dan udang sampai harum
  2. Masukkan tomat, aduk sebentar
  3. Masukkan kangkung, aduk sebentar
  4. Kecilkan api, bumbui dengan saus tiram, kecap ikan, kecap asin, angciu, gula, dan merica secukupnya
  5. Masak dengan api besar sebentar sampai agak layu, langsung angkat dan hidangkan

Ini dia menu dinner selengkapnya: tumis kangkung, tim ikan, tahu goreng tepung, dan sambel gak boleh ketinggalan. Tahu goreng tepung ini enak banget deh, Rafel juga doyan banget cuma berhubung habis batuk jadi gak ditawarin, cuma pas mamanya makan ketahuan jadi dia sempet minta – walaupun cuma dikasih diki….t banget.

Ini nih resepnya:

  1. Tahu/tempe iris memanjang tipis – tipis. Untuk tahu boleh agak tebelan dikit kalo takut ancur.
  2. Bumbu halus: bawang putih, bawang merah, kemiri, kencur, ketumbar, kunyit, garam
  3. Campur bumbu halus dengan tepung beras dan tepung terigu (tepung terigu perbandingannya lebih banyak 1 sendok makan daripada tepung beras)
  4. Tambahkan air es, aduk hingga adonan halus
  5. Tambahkan daun jeruk yang sudah diiris tipis2.
  6. Goreng dalam minyak panas dan api kecil (supaya garing sampai dalamnya)
  7. Hidangkan dengan cabai rawit

Ca Kangkung, Tahu Goreng Tepung, Tim Ikan, dan Sambal

Author: cruiseoflife

Hi there. I'm from Indonesia but now live quite far away from my home country. I love cooking for my family. I learned how to cook for the first time from my mom and I believe that mom's cooking is always the best, and I do hope that my son will feel the same too even though he grows up so fast. I love Indonesian food as I grew up with it, and I promise to myself that my son, although he doesn't live in Indonesia right now, will always like and enjoy authentic Indonesian food. I make this blog so that my family will always remember our togetherness and happy time that we had, are having, and will have when we eat together and have good memories about a mother's love through her dishes. Hopefully these recipes will help other people to make healthy home cooked dishes for their families.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s