Everyday Is A Miracle

Be happy and enjoy every single bite of it

Fruit In The Basket

Leave a comment

Selama ini gw gak terlalu doyan makan kue / makanan yang manis – manis dan lebih suka makanan asin kayak kroket, risol, lemper dll, kecuali satu, yaitu fruit pie.  Cuma selama ini sebiji fruit pie harganya mahal bener yakh, yang kecil2 imut cuma 3 kali gigitan aja harganya bisa 5ribuan. Dan kadang2 jenis buahnya juga gak yang gua doyan2 banget. Jadi sebenernya dari dulu pengen banget bikin yang namanya fruit pie. Cuma begitu baca resepnya, ngebayangin cara bikin kulitnya aja udah bikin ngeper duluan. Soalnya gw paling gak pw deh ngulenin adonan sampe kalis, soalnya kemungkinan gagalnya kayaknya lebih besar daripada suksesnya.

Tapi akhirnya gua ketemu sama si edo puff pastry ini yaitu kulit pie siap pakai, belinya di carrefour harganya 17.000 rupiah saja. Bisa diisi macem – macem tergantung selera kita, bisa manis bisa asin.

Edo Puff Pastry

Cara bikinnnya gampang banget kok. Potong kulit pie sesuai jenis cetakan kita (biasanya sih cetakan bunder). Potong agak lebih besar dari cetakan karena kulit pie kalau dipanggang mengkerut agak banyak dari ukuran semula. Gilas sampai agak menipis.

Terus setelah dimasukin ke dalam cetakan, tusuk2 kulit pie dengan garpu sampai agak barbar supaya kulit pie tidak ngembang kayak croisssant kalau dipanggang.

Setelah dicetak, biasanya ada sisa2 kulit pie yang tidak kecetak. Digabungin jadi satu dan digilas lagi aja, terus dicetak lagi ke dalam cetakan2 yang lebih kecil.

Resep selengkapnya adalah sbb:

1. Panggang kulit pie yang sudah dicetak dan ditusuk dengan garpu dengan panas 170 derajat selama 25 menit dengan api atas bawah, dan 10 menit terakhir ganti menjadi api atas saja. Pastikan kulit pie sudah cukup garing ketika pemanggangan selesai. Kalau belum memenuhi standar garing yang kita mau, bisa ditambahkan waktu pemanggangannya.

2. Membuat vla: Campur 200 ml susu dengan 15 gr tepung maizena dan 63 gr gula pasir. Masak di api kecil sambil diaduk – aduk sampai mengental dan meletup – letup. Matikan api. Masukkan 1 butir kuning telur dan aduk cepat sampai rata.

3. Keluarkan kulit pie dari panggangan, isi dengan vla jangan penuh2. Panggang lagi selama 15 menit.

4. Isi dengan buah2an sesuai selera, kalau yang kemarin itu hanya pakai leci dan kiwi. Terus di percobaan kedua tambah lengkeng.

5. Siram dengan agar2 warna merah /hijau / lainnya sesuai selera. Gw pakai agar2 warna merah bukan bening supaya ada semburat warnya merah di atas buahnya. Siram yang agak banyak supaya warnanya jelas terlihat dan rasa asam dari buah kiwinya tertutup.

6. Dinginkan di kulkas agar agar2 mengeras, kulit tetap garing, dan buah serta vlanya tetap segar. Keluarkan sesaat sebelum dimakan.

Dan voila…. beginilah jadinya (bukan fruit pie setelah gua liat2, tapi fruits in the basket). Hasilnya adalah kayak keranjang dengan kumpulan buah2an di dalemnya.

My fruits in the basket

Soal rasa, jangan ditanya, enak banget. Cuma sayang Rafel gak doyan kue kayak ginian, karena dia emang gak terlalu doyan makan buah2an kayak gini.

Gua masukin freezer sebentar jadinya makin enak deh. Karena langsung habis dalam sekejab, jadinya gua bikin lagi besoknya tapi pake cetakan yang lebih kecil. Enaknya bikin sendiri buahnya bisa diatur2 sesuai selera, mau berapa banyak juga terserah. Kayak di bawah ini, ada salah satu cup yang kebanyakan isi daripada kuenya, sampe gak bisa dibuka cetakannya.

Percobaan kedua dengan cup yang lebih kecil

Selamat mencoba

Author: cruiseoflife

Hi there. I'm from Indonesia but now live quite far away from my home country. I love cooking for my family. I learned how to cook for the first time from my mom and I believe that mom's cooking is always the best, and I do hope that my son will feel the same too even though he grows up so fast. I love Indonesian food as I grew up with it, and I promise to myself that my son, although he doesn't live in Indonesia right now, will always like and enjoy authentic Indonesian food. I make this blog so that my family will always remember our togetherness and happy time that we had, are having, and will have when we eat together and have good memories about a mother's love through her dishes. Hopefully these recipes will help other people to make healthy home cooked dishes for their families.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s