Cerita Dari Phuket

Sebetulnya gak ada rencana sama sekali mau pergi jalan-jalan ke Phuket ini. Apalagi denger2 dari temen2 yang udah pada pergi ke sana, kebanyakan tempat wisatanya tuh pantai, pulau, temple, yang begitu2 dah, jadi gak yakin juga si unyil bakalan suka pergi ke situ. Belum lagi makanannya yang katanya kebanyakan pedes. Malahan waktu temen ada yang ke sana bawa anaknya 2 orang (seumuran sama Rafel), sempet nanya dan amaze juga, di sana ngapain aja, betah gak anaknya, dikasih makan apa, dll. Tapi gak pernah kepikiran juga tuh mau pergi ke sana. Rafel juga waktu ditanya katanya gak mau, soalnya katanya gak ada double decker, hehehe…..

Sampai tiba2 Papanya Raf dapet penawaran gratis dari ciitbank buat nginep di salah satu hotelnya Anantara di Phuket 3 hari 2 malem. Timbang sana sini, akhirnya diputusin berangkat deh. Walaupun persiapannya mepet banget, cuma 1 bulanan sebelum hari H. Alhasil dapet tiket pesawat mahal deh. Mana Air Asia pp cuma ada penerbangan malem lagi, akhirnya diputuskan transit dulu di Singapore. Brangkat tanggal 9 November 2011 (Rabu) dan pulang tanggal 13 November (Minggu). Soalnya papanya bisanya ambil cuti di tanggal itu. Papa Raf baru dateng tanggal 11 Nov, dan ternyata karena Anantara Hotel yang di Mai Khao penuh, kita dioper ke Dewa Resort Phuket Nai Yang, dan diupgrade ke apartemennya (2 bedrooms villa). Supaya puas dan gak mubazir, mama dan Rafel ngajak oma opa juga buat pergi duluan dan nginep di daerah Patong supaya bisa jalan2 juga.

Itinerary kita:

Hari pertama:

  1. Sampai di hotel The Lantern.
  2. Main di Patong Beach
  3. Mampir ke Jungceylon Mall
  4. Muter2 di sekitar Patong jalan kaki terus cari makan malam

Hari kedua:

  1. Breakfast di hotel
  2. Phi Phi and Khai Island Tour
  3. Balik ke hotel, cari makan malam

Hari ketiga:

  1. Breakfast di hotel
  2. Berenang di hotel
  3. Check out
  4. Ke Dino Park
  5. Makan siang di pinggir laut, tapi gak tau apa namanya
  6. Big Buddha
  7. Belanja di Pontip Seastore
  8. Beli T-Shirt di Phuket Town
  9. Cek In di Dewa Phuket

Hari keempat:

  1. Berenang di hotel
  2. Breakfast di hotel
  3. Main di Naiyang Beach
  4. Nonton Phuket Fantasea

Hari kelima:

Pulang

Karena udah prepare gak bakal sempet nyari2 tur di sana, mamanya udah cari2 lewat internet bookingan yang bisa dibook dari Jakarta tapi bayarnya di sana aja nanti. Mungkin harga jadi lebih mahal dikit, tapi kan gak repot jadinya dan pas di sana udah enak tinggal jalan aja.

Dan inilah hasil pencarian vendor lewat internet:

Penjemputan di airport lewat Phuket Pick Up Transfer (phuketpickup@hotmail.com). Ada websitenya juga www.phuketpickup.com lengkap dengan penawaran harganya. Untuk dari airport ke Patong pake sedan 600 baht, kalo dari Naiyang area ke airport dengan sedan kena 400 baht. PIC-nya namanya Amy. Hubungan sama mereka enak bener kok, cepet bales emailnya dan sopan banget. Pertanyaan kita juga dijawab dan direply dengan baik. Sewa mobil dengan driver di mereka per jam kena 300 baht (sedan atau van sama saja harganya). Tapi karena satu dan lain hal ada miskomunikasi, hari pertama pernjemputan ada masalah, jadi gw naik taximeter bandara kena 500 baht gak usah nawar lagi alias udah fixed price. Tapi waktu gw konfirmasi yang mana gw pikir si Amy bakal marah karena drivernya gw tinggal, ternyata gak tuh dan dia malah minta maaf ke kita karena udah ngerepotin kita jadinya. Terus drivernya juga berusaha call keg w walaupun gak gw angkat karena lagi ribet ngurusin anak gw. Terus hari ketiga pas jemput papanya Raf juga ontime kok drivernya, mobilnya bagus Corolla Altis kalo gak salah. Beda sama taxi meter yang abal2. Pas hari terakhir gw cancel penjemputan dari hotel ke airport karena ternyata dikasih free complimentary dari hotel, si Amy juga langsung oke gak nanya macem2. Dan kita bayarnya juga pas udah dijemput dan dianter dengan selamat ke tujuan, jadi kalaupun cancel gak kena charge apapun juga.

Phi Phi Island dan Khai Island Tour, pake Sunshine Phuket Tour ( phuketss@phuket.ksc.co.th). Websitenya www.sunshinephuket.com. Contact person Wichai.  Harga one day tour dewasa 1500 baht dan anak2 100 baht. Contact lewat email juga cepet dijawab dan jelas banget apa2 yang ditawarkan. Mungkin pada bilang kemahalan, tapi kalo gw bilang worth it, karena paginya gw dijemput sama van dan isinya Cuma keluarga gw doang, jadi gak muter2 jemput orang lain lagi. Pembayaran tur pas pagi itu di mobil. Wichai juga orangnya ramah, selama di mobil dijelasin macem2 mengenai tur ini. Terus karena gw book tiket Fantasea juga lewat dia, dan gak booking transfer servicenya, dia jelasin juga gimana cara ke sana. Terus dia juga pastiin ke guidenya gw diserve dengan baik, termasuk pulangnya karena gak ikut mobil dia lagi, dia wanti2 ke giudenya tentang hotel kita. Terus kasih wejangan2 juga (takut gw ilang kali ya, soalnya yang dibawa kan 1 bocah dan 2 orang tua, hehehe….).

Tiket fantasea juga booking sama Wichai, buffet plus dinner dewasa 1300 baht dan anak2 1100 baht. Kalo mau pake transfer tambah 200 baht lagi. Kalau mau gold seat tambah 250 baht lagi.

City tour gw booking mobil sama driver, untuk 8 jam dengan van kena 1800 baht nett  gak kasih biaya makan dsbnya lagi, dan untuk anter jemput Fantasea 1000 baht nett dengan van untuk 5 orang. Kalo diitung2 sama juga sih ya, per orang jatohnya 200 baht  juga untuk transfernya, dan ekslusif untuk kita jadi gak anter jemput orang lain lagi. Mobilnya Toyota Ace. Gw book berdasarkan rekomendasi di internet, namanya Kom, email phuket.kom99@gmail.com.

Review hotel The Lantern Patong

Untuk hotel, setelah sibuk pilh sana dan sini, akhirnya milih The Lantern Patong lewat sawadee.com. Family pent kena 3,2 juta untuk 2 malem. Lokasinya dekat dengan Jungceylon Mall dan Patong Beach, serta tempat makanan bertebaran di mana-mana, tinggal pilih deh mau makan apa. Hotelnya bersih, kamarnya buesar banget (sampe bingung kok bisa segede gini sih kamarnya). Jadi Family pent yang gw book itu terdiri dari 2 kamar tidur besar2 (1 double bed dan 2 twin bed), serta 1 ruang khusus isinya living room sama dining room. Kamar mandi ada 3, TV ada 3, jadi gak rebutan deh make kamar mandi.  Bersih banget dan kinclong, anak gw sampe tersepona sama kamarnya, pokoknya happy banget deh dia. Bisa nangkring di manapun dia mau, di tempat tidur, kursi makan, sofa bed, menclok sana sini aja deh pokoknya. Breakfats walaupun gak terlalu banyak pilihan, tapi selama ortu gw sama anak gw bisa makan sih masih okelah pokoknya. Kolam renang ada di lantai dasar dan di bangunan hotel satu lagi ada di lantai 5. Ada tempat duduk2 buat nunggu juga, yaitu sofa2 gede gitu. Overall nyaman kok. Cuma sayang peralatan makannya cuma piring sama mangkok gelas dan sendok garpu, gak ada microwave atau peralatan masak.

Patong Beach:

Anak gw seneng2 aja tuh, walaupun agak kotor menurut gw ya, gak bersih2 banget. Sempet beli kelapa muda 40 baht. Main pasir sama main air aja di sini. Agak crowded juga sih, banyak banget turis di sini.

Island Tour:

Maya Bay bagus banget, anak gw suka banget. Bersih dan putih pasirnya kayak bedak. Airnya juga jernih banget. Khai Island anak gw juga suka, walaupun banyak pecahan kerang di sini. Di Khai Island banyak ikan2 di pinggiran, bisa dikasih makan terus mereka deket2 ke kita.

Anak gw susah banget disuruh keluar dari air, kalo gak diancem mau ditinggal kapal gak mau udahan dia. Sempet stress karena gak mau makan sama sekali, akhirnya gw kasih susu kotak aja deh di sini. Tour guidenya juga lumayan ok, lumayan perhatian sama kita. Anak gw digendong dari kapal ke pelabuhan pas pulangnya (karena air surut jadi kapal gak bisa menepi). Terus sempet dibeliin snack juga karena nunggu mobil jemputan lama. Oya, di kapal disedian free air mineral dan soft drink dan roti tawar buat kasih makan ikan, sama buah2an. Pas kita pergi kapal keisi dan sampe setengahnya, jadinya nyaman banget. Terus sebelum lunch jemput rombongan dari Phi Phi Don, jadi kapal penuh. Tapi udah gak terlalu efek, karena dari situ ke Khai Island trus pulang. Dan anak gw  juga duduk di depan jadinya gak terlalu terganggu dengan crowded-nya di dalem.

Review hotel Dewa Phuket Nai Yang

Two thumbs up! Hotelnya buagus banget, Rafel heppppppiiiiii…..banget sama hotel ini. Kita dapet apartemen yang luas banget, kamarnya 2 besar2, ada ruang tamu, ruang makan, dapur lengkap dengan peralatannya. Bersih banget. Kamar mandi ada 2 dan besar juga. Teras juga besar banget. Kolam renang ada di 2 spot. Breakfast oke, pantai sepi, suasana hotel buagus banget, kayak bali gitu suasananya. Ada tempat main walaupun gak besar sih. Tapi di dalem kamar tuh seharian juga gak bosen. Terus di kolam yang deket kamar kita, di kolam besar yang setinggi dada anak gw, ada gelembung2 bubble gitu, yang bikin anak2 demen banget berenang di situ sambil ada bunyi geluguk2 bubble. Terus dari hotel ke pantai juga deket banget tinggal jalan kaki sebentaran aja. Ke airport juga deket cuma 10 menit-an.

Cuma sayangnya, di pinggiran hotel susah banget nyari makannya, adanya jauh banget di pojokan sana, dan baru rame sore dan malem2 gitu. Alhasil malemnya kita pesen makan dari hotel dan ada yang masak supermie Thai juga. Terus siangnya mesti jalan jauh juga buat cari makan.

Dino Park:

Ini  tempat main minigolf anak2 dengan miniatur dinosaurus. Letaknya di Marina. Berhubung anak gw lagi hobi berat sama dinosaurus dan dia hafal segala macam nama2 dinosaurus yang aneh2 dari jaman baheula itu (mulai dari Diplodocus, Toothsaurus, Compsognathus, Pteranodon, Argentinosaurus, dll yang mamanya karena udah PDI alias Penurunan Daya Ingat gak inget lagi deh yang bentuknya ini namanya apa), jadilah dia exciting banget pergi ke sini. Dia punya buku ensiklopedi mini tentang dinosauraus, game2 di ipad dan ada kamus tentang dino juga di ipad. Pokonya segala tentang dino dia hobi banget deh.

Raf diajarin papanya main golf, dan walaupun udah diajarin tekniknya tetep ngasal, tapi dia hepi2 aja tuh, pokoknya setiap kali bola masuk langsung loncat2 kegirangan sama angkat tangan bilang Yes atau Yay…..Tempatnya naik turun dengan banyak pohon2 dan danau mini gitu. Kita ke sono pas tengah hari bolong jam 1-an, sampe si bocah keringetan. Sebetulnya enak kalo malem kali ya, adem dan volcanonya nyala kayaknya. Buat masuk doang 36 ribuan rupiah, kalo main golf dewasa 240 baht, anak2 kalo gak salah 170 baht.

Big Buddha:

Ya begitu deh, cuma liat sepintasan aja, diskip juga gak papa deh kayaknya. Anak gw tidur di sini, jadi digendong oma duduk di bawah, sementara kita bertiga naik ke atas, ngeliat patung Buddha yang besar itu sambil ngeliat pemandangan Phuket dari atas. Ada monyet juga di bagian bawah, turis2 bule banyak yang poto2. Sampe bawah kita beli coconut ice cream dulu seharga 30 baht.

Belanja:

Porntip Seastore oke sih buat belanja, ada websitenya juga. Banyak testernya juga, bisa kenyang deh pokoknya di sini. Ada free packing juga, toilet bersih, tempatnya enak buat belanja2. Beli t-shirt somewhere around there gw gak tau deh, tapi menurut kita sih bagus dan murah.

Nai Yang Beach:

Sepi, kebanyakan isinya bule berjemur.  Main di sini lumayan enak, walaupun ombaknya agak besar. Ada kali 2 jam lebih anak gw main di sini dan susah banget disuru udahan. Karena sepi jadinya puas deh dan gak terlalu kotor, paling kotor karena batang pohon atau daun2an aja. Terus juga disedian beach chair sama umbrella sama pihak hotel Dewa. Habis main di pantai gw mandi dulu di shower deket kolam renang baru masuk ke kamar jadi gak terlalu berpasir.

Phuket Fantasea

Kesan gw: gak usah didatengin deh, gak bagus. Makanan gak ada yang enak, shownya bikin gw ngantuk dan alhasil anak gw minta pulang 30 menit lebih awal. Untung kamera gw umpetin jadi gak perlu dititipin, jadi gak perlu nunggu tempat nagmbilnya buka dulu.  Kamera umpetin aja di pojokan tas atau pakai apa kek gitu, nanti di dalem gak diperiksa lagi kok tasnya. Cuma toko2 di sekitarnya sama zoo-nya lumayanlah buat foto2 spotnya masih bagus2.

Overall perjalanan kali ini oke, dan anak gw sempet gak mau pulang juga. Sampe sekarang masih planning pengen ke sana lagi katanya, tapi mamanya males deh abis ribet dan capek, mending ke Bali aja kali taun depan yach kan banyak pantai juga tuch. Oya, sebelum pulang buat ngabisin baht di dompet, mamanya lari ke toko mainan dan Rafel beli 2 mainan dinosaurus besar2 untuk melengkapi koleksi mainan dino dia, dan tuh dino masih dibawa ke mana2 deh ampe sekarang, belum bosen dimainin.

Bersyukur banget liburan berjalan dengan baik dan tidak terjadi hal2 yang gimana2 banget. Penyertaan Tuhan dan lindungannya dirasakan banget sama kita sekeluarga selama di sana. Rencananya yang gak diduga2 juga ternyata membawa kebaikan buat kita. Mulai dari booking Air Asia Jkt Phuket yang malem terus jamnya dimundurin jadi makin malem sama Air Asiam yang membuat gw bete dan gw cancel ganti jadi Jetstar. Ternyata karena datengnya masih agak siang, kita justru sempet explore dulu ke pantai, mall, dan jalanan yang ramai itu, terus juga mempersiapkan diri buat cruise besok paginya. Karena habis cruise ternyata kita capek banget dan si bocah udah gak mau ke mana2 lagi.

Terus rencana kepulangan juga tadinya mau ambil AA malem. Jadi cek out hotel terus muter2 dulu, yang mana untung gak gw lakukan. Walaupun rugi hotel karena pulang pagi, tapi gw gak kebayang ngajak anak gw muter2 naik mobil lagi setengah harian terus baru pulang naik pesawat 3 jam aja. Bisa bete dia karena kecapekan deh.

Sempet serem denger cerita2 tentang taksi bandara, untungnya gak kejadian sama kita. Sopirnya oke dan kita diantarkan dengan selamat ke hotel tanpa neko2. Agen tur yang gw book juga baik (dijemput sendiri tanpa muter2, dapet tour guide yang baik, dan dianterin paling pertama ke hotel). Driver yang gw book juga ok, hotel ok, kita semua sehat selama di sana, dan pulang dengan mambawa kenangan yang membuat hepi, yang membuat si bocah pengen pergi ke sana lagi.

Sempet belanja di airport yang tiba2 aja kepikirannya, untung masih sempet walaupun di luar sana orang udah sibuk pada antri masuk pesawat, dan Raf dapet kenang2an 2 dinosaurus itu, jadinya ada memory yang dia bawa pulang ke rumah deh.

Demikian laporan perjalanan liburan ke Phuket. Semoga suatu saat bisa balik lagi dengan lengkap dan nambah jumlah orangnya.

Categories: Places of Interest (POI), Thailand | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 40 other followers

%d bloggers like this: